Ini Para Juara KESA 2021: Untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Ini Para Juara KESA 2021: Untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

radartasik.com, BUNGURSARI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya sukses menyelenggarakan lomba Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan (KESA) 2021 Tingkat Kota.


Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Resik.

Kegiatan tersebut, diikuti 10 kelurahan dari perwakilan 10 kecamatan yakni Cilembang- Kecamatan Cihideung, Nagarasari-Kecamatan Cipedes, Empangsari-Kecamatan Tawang, Panyingkiran-Kecamatan Indihiang, Gunung Gede - Kecamatan Kawalu, Setianagara - Kecamatan Cibeureum, Setiawargi-Kecamatan Tamansari, Cigantang-Kecamatan Mangkubumi, Sukarindik-Kecamatan Bungursari, dan Sukanagara- Kecamatan Purbaratu.

Dengan penilaian lomba KESA dilaksanakan dari mulai April hingga Juni 2021, yang pemenangnya yaitu Kelurahan Cigantang juara 1, Cilembang juara 2, dan Empangsari juara 3.

“Alhamdullillah kegiatan ini berjalan sukses,dan menghasilkan para pemenang yang layak juara,” ujar Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dra Hj Iga Prabandari mewakili Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Imih H Misbahul Munir usai Penutupan Lomba KESA 2021 di aula Bale Kota Tasikmalaya, Senin (4/10/2021).

Sedangkan untuk pemenang lomba kesenian lagu KESA yakni Kelurahan Setianagara juara 1, Gununggede juara 2, dan Sukanagara Juara 3.

”Semua hasil ini berdasarkan keputusan tim, yang diberi kewenangan dalam penilaian yaitu Disdukcapil, Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Organisasi, Badan Kepegawaian dan BKPSDM dan Harian Umum Radar Tasikmalaya,” paparnya.

Dari segi penilaian, lomba KESA menilai dua aspek penting yakni dari segi kepemerintahan keluraha dan administrasi kependudukannya. ”Tentunya disertai dengan beberapa parameter penilaian yaitu sisi kebijakan, personil, sarana kerja, prosedur, pencatatan dan pelaporan,” katanya.

Untuk itu, lewat lomba KESA ini diharapkan ke depan, bisa memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat. Dengan mengoptimalisasikan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat dalam memiliki data kependudukan yang akurat dan akuntabel.

“Diharapkan masyarakat akan mudah mengakses layanan publik, baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan sebagainya,” tuturnya.

Asda I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tasikmalaya H Abu Mansyur mengatakan dibentuknya keA­giatA­an KESA ini untuk meA­nyosialisasikan dokumen adA­ministrasi kependudukan. ”Dengan begitu masyarakat memiliki keA­sadaran dalam mengupdate data kependudukan,” ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi Disdukcapil yang membuat terobosan baru melaui program KESA. ”Lomba ini sebagai tindak lanjut dari program KESA. Supaya masyarakat lebih tertib administrasi kependudukan,” katanya.

Juara I Lomba KESA 2021, LuA­rah Cigantang Dian Tasdian mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang mendukung tertibnya administrasi kependudukA­an, sehingga Kelurahan Cigantang berhasil mendapatkan prestasi pertama dari lomba KESA 2021.

”Berkat dukungan semua pihak, warga Cigantang. Kemungkinan mampu berprestasi pada lomba ini. Hal ini tentunya harus memicu warga agar lebih tertib lagi dalam administrasi kependudukan,” kata dia.

Salah satu faktor Cigantang meraih juara KESA, kata dia, yakni dari hasil perekaman KTP yang sudah mencapai 97,5 persen. “Prestasi ini, bisa membuat motivasi pihak pegawai kelurahan, RT/RW, dan masyarakat. Untuk terus membenahi administrasi kependudukan lainnya agar lebih sempurna,” tandasnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: