WhatsApp, FB dan IG Tumbang Selama 6 Jam Lebih Ternyata Karena Masalah DNS

WhatsApp, FB dan IG Tumbang Selama  6  Jam Lebih Ternyata Karena Masalah DNS

Radartasik.com, JAKARTA — Setelah sempat tumbang selama 6 jam lebih, aplikasi WhatsApp, Facebook (Fb), dan Instagram (Ig) kembali perlahan bisa diakses kembali oleh para penggunanya di penjuru dunia. 

Dilaporkan gangguan terhadap ketiga aplikasi yang digawangi Mark Zuckerberg itu berlangsung sejak Senin (04/10/2021) malam sekitar pukul 22.31 WIB, dan perlahan bisa diakses kembali pada Selasa (05/10/2021), pagi sekitar pukul 05.34 WIB. 

Sebelumnya seperti dilansir TechRadar, media sosial di bawah naungan Facebook itu dilaporkan down atau mati oleh para penggunannya di seluruh dunia sejak semalam.  Peristiwa tumbanganya 3 aplikasi media sosial terpopuler di dunia tersebut secara hampir bersamaan dan dalam skala sebesar terbilang jarang terjadi. Apalagi tidak hanya versi mobile saja yang tumbang, tetapi versi desktop juga disebut mengalami hal yang serupa.

Lantas apa penyebab tidak dapat mengakses apliaksi Facebook Cs tersebut. Mengutip BleepingComputer, Senin (04/10/2021), hal ini diduga terjadi karena masalah pada DNS (Domain Name System).

Oleh karena itu sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

"Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics," demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan "Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti."

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Sementara itu dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

Menanggapi tumbangnya Whatapps sejak Senin malam, WhatsApp Indonesia melalui akun twitter resminya @WhatAppsID menyatakan permohonan maaf  kepada para pengguna yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini (Selasa,95/10/2021). 

“Kami mulai perlahan dan hati-hati membuat WhatsApp berfungsi kembali. Terima kasih banyak atas kesabaran Anda. Kami akan terus memberi Anda informasi terbaru untuk dibagikan,” tulis akun @WhatAppsID

Sedangkan dari update terbaru pihak Whatsapp sekitar 2 jam lalu dinyatakan bahwa saat ini untuk beberapa orang sudah dapat mengirimkan dan menerima pesan WhatsApp. “Kami masih berupaya agar semuanya segera normal,” cuit akun @WhatAppsID.

Sementara itu berdasarkan pengamatan di lini masa twitter, hingga pagi ini kejadian tumbangnya Whatsapp, Fb dan IG masih menjadi trending topic. Setidaknya  ada dua kata yang menjadi trending di twitter, yaitu Whatsapp dan Mark Zuckerberg. (bbs/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: