Bank Mandiri Lanjutkan Transformasi Digital
Reporter:
syindi|
Selasa 05-10-2021,09:30 WIB
radartasik.com, TASIK - Dalam era yang serba digital, tentunya seluruh bisnis juga harus mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan. Hal inilah yang menjadi alasan Bank Mandiri secara aktif terus mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan peran teknologi di depan untuk memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat.
Memasuki usia 23 tahun Bank Mandiri telah melakukan lompatan (quantum leap) untuk menyediakan solusi perbankan digital yang handal kepada nasabah dengan meluncurkan Super App Livin' By Mandiri untuk menghadirkan customer experience selayaknya layanan Cabang dalam genggaman serta Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.
Vice President Bank Mandiri Area Tasikmalaya Nana menjelaskan, dengan didukung oleh digitalisasi sampai dengan posisi Agustus 2021 Bank Mandiri berhasil mengoptimalkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). Optimalisasi tersebut tercermin dari total DPK (bank only) Bank Mandiri yang menembus Rp 933,04 Triliun, tumbuh 8,00% secara YoY dengan rasio CASA terhadap DPK sebesar 72,86%.
Pertumbuhan dari sisi kredit juga selaras dengan upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Terlihat sampai dengan akhir Agustus 2021, posisi kredit Bank Mandiri secara bank only yakni sebesar Rp 807,45 Triliun mengalami peningkatan sebesar 8,06% secara year on year (YoY).
Nana menambahkan, salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri ini tercermin pula dari meningkatnya jumlah pengguna Super App Livin' By Mandiri yang mencapai 8,2 juta penggunaan di akhir Agustus 2021 meningkat sebesar 43% jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya.
Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri juga menembus 608 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp1.008 Triliun per akhir Agustus 2021.
Adapun untuk mengakomodir semakin dinamisnya kebutuhan dan ekosistem nasabah segmen wholesale yang merupakan core-business eksisting dari Bank Mandiri, bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-23 Bank Mandiri meluncurkan Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri yakni layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. Sampai dengan akhir Agustus 2021 (YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri mencatatkan sebanyak 123 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp 6.449 Triliun.
Selaras dengan tema HUT ke-23 “Mandiri Jadi Digital” perseroan telah mampu mendigitalisasi hampir seluruh layanan transaksi nasabah Bank Mandiri. Hasilnya, hingga kuartal III 2021 lebih dari 95% transaksi perbankan Bank Mandiri dilakukan secara digital.
Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri memperbaharui Super App Livin' by Mandiri sebagai bentuk penyempurnaan terkini digital banking perseroan. Adapun fitur teranyar nya antara lain pembukaan rekening baru, verifikasi wajah, quick access, tarik tunai tanpa kartu, top up dan update saldo e-money dengan satu klik hingga transfer dan bayar tagihan favorit di satu tempat.
“Livin' by Mandiri telah bertransformasi menjadi super app yang memanfaatkan pendekatan AI (Artificial Intelligence) untuk menciptakan sentuhan personal yang unik dan modern dalam akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan produk perusahaan anak,” imbuh Nana.
Tak berhenti di situ, solusi digital super alias super digital solution bertajuk Kopra by Mandiri turut dihadirkan guna memenuhi kebutuhan transaksional nasabah wholesale.
Super digital solution ini akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account serta Online Custody.
Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri hadir dalam 3 (tiga) varian layanan, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen wholesale.
“Secara konsep, Super App Livin' by Mandiri dan Kopra by Mandiri sama-sama mengusung pendekatan comprehensive banking experience, dengan aneka fitur yang mendekatkan Bank Mandiri kedalam ekosistem digital serta memperkuat kolaborasi bersama Mandiri Group.” kata Nana.
Untuk mendukung transformasi digital tersebut, Bank Mandiri Area Tasikmalaya juga melakukan aksi giat Melivinkan Indonesia dihari Senin (4/10/2021) dengan tujuan memperkenalkan dan meningkatkan awareness terkait Super App Livin' by Mandiri.
Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu olah raga bersama nasabah setia Bank Mandiri Area Tasikmalaya berupa Fun Bike 15K dan Fun Run 2.3K yang serentak dilakukan tidak hanya di Tasikmalaya, tetapi juga di Bandung, Cirebon, Karawang, dan Sukabumi.
Selain itu, dalam kesempatan yang sama Bank Mandiri juga melakukan aksi kampanye sosial pencegahan Covid-19 bertema penguatan protokol kesehatan 6M dengan membagikan masker dan hand sanitizer di beberapa titik jalanan Kota Tasikmalaya.
Nana memaparkan bahwa saat ini mencapai 85 ribu nasabah Bank Mandiri Area Tasikmalaya aktif menggunakan Livin' by Mandiri. “Dengan kegiatan Melivinkan Indonesia ini, kami berharap akan semakin banyak nasabah yang dapat menikmati kemudahan bertransaksi dengan fitur yang mendukung , dan ecosystem integration. Jadi tunggu apalagi, let's living a lively life with Livin' by Mandiri,” katanya.
Keseluruhan aksi giat Melivinkan Indonesia merupakan refleksi dari sejumlah pendekatan dan kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan tingkat pencapaian target adopsi digital di Bank Mandiri.
(rls)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: