Ukraina Perintahkan Pejuang di Mariupol Untuk Menyerah

Ukraina Perintahkan Pejuang di Mariupol Untuk Menyerah

Radartasik, Ukraina, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina telah mengkonfirmasi di jejaring sosialnya bahwa prajuritnya yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di Mariupol telah diperintahkan untuk menyerah.

Komando tertinggi militer mengeluarkan perintah kepada komandan unit yang berlokasi di Azovstal untuk menyelamatkan nyawa personel. Mereka mengatakan pejuang Mariupol telah menyelesaikan misi tempur yang ditugaskan.

Kedua negara telah terlibat dalam konflik besar-besaran sejak Februari, ketika Moskow menyerang tetangganya, menyusul kebuntuan delapan tahun atas nasib Donbass.

Kiev bersikeras bahwa pejuang Azov anggota pasukan regulernya telah berhasil mencegah rencana Rusia untuk menguasai Zaporozhye daerah di dekat Mariupol dan tidak berhasil mencegah pergerakan pasukan Rusia  ke perbatasan administratif Donetsk dan Zaporozhye.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan: “Berkat tindakan Angkatan Bersenjata Ukraina, intelijen, serta kelompok perunding, Komite Internasional Palang Merah dan PBB, kami memiliki harapan bahwa kami akan dapat menyelamatkan nyawa orang-orang kami.”

“Saya ingin menekankan bahwa Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina hidup-hidup. Ini adalah prinsip kami. Saya pikir setiap orang yang memadai akan memahami kata-kata ini. Untuk membawa pulang militer kita, pekerjaan berlanjut dan pekerjaan ini membutuhkan kelenturan dan waktu,” tambahnya dikutip dari Russian Today.

Sebagian besar dari mereka adalah anggota pejuang Azov. Seragam militer kelompok tersebut menampilkan lencana Nazi dan anggotanya telah difoto dengan tato simbol seperti swastika.

BACA JUGA:Turki Tawarkan Diri Untuk Lakukan Evakusai di Mariupol

Komandan pertamanya Andrey Biletsky mengatakan dia percaya itu adalah misi Ukraina untuk "memimpin ras kulit putih dunia dalam perang salib terakhir ... melawan Untermenschen (manusia inferior) yang dipimpin Semit".

Sebelumnya penyerahan tahap pertama telah selesai  dengan 264 tentara meninggalkan Azovstal. Sekarang ada 53 prajurit yang terluka di sebuah rumah sakit di Novoazovsk dan 211 tentara di Yelenovka, keduanya merupakan bagian dari Republik Rakyat Donetsk.

Sumber-sumber Rusia memperkirakan bahwa sekitar 2.200 orang telah terperangkap di ruang bawah tanah kompleks Azovstal yang besar. Situs ini memiliki panjang sebelas kilometer persegi dan bagian bawah tanahnya dirancang untuk menahan serangan nuklir.

Menurut Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Anna Malyar dan Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, mereka yang menyerah akan ditukar dengan tawanan perang Rusia yang ditawan oleh Kiev. Namun, ketentuan pertukaran belum diputuskan.

Moskow belum membuat pernyataan publik tentang pertukaran. Sementara itu, pihak Ukraina berusaha menghindari penggunaan ungkapan "menyerah".

Setelah tentara Ukraina terakhir meninggalkan Azovstal, pertempuran untuk Mariupol akan berakhir secara efektif dan Rusia akan mendapatkan kendali penuh atas kota strategis yang sangat vital itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today