6 Khasiat Buah Mangga, Simak di Sini

6 Khasiat Buah Mangga, Simak di Sini

Radartasik, MANGGA adalah salah satu buah tropis yang banyak disukai orang. Buah mangga yang telah matang memiliki daging berwarna kuning dengan rasa sangat manis.

Mangga memiliki banyak varietas yang bisa dikonsumsi. Anda juga bisa mengolah mangga dalam berbagai hidangan manis seperti jus, puding dan lainnya.

Mangga merupakan buah yang kaya nutrisi dan merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral.

Satu cangkir (165 gr) irisan mangga mengandung, energi 99 kkal, protein 1,35 gr, karbohidrat 24,7 gr, serat makanan 2,64 gr, lemak 0,627 gr, gula 22,5 gr.

Buah ini juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, riboflavin, niasin, magnesium, mangan, dan fosfor. Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze, https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-mangoes/?fbclid=IwAR15nNR7LHwKPFWTExgAAvD8h_H3I42_VApVPTsgqYcwxaqvSl8RciYcSAg.

1. Meningkatkan imunitas

Mangga adalah sumber yang kaya vitamin esensial yang meningkatkan kekebalan. Buah ini mengandung vitamin C. Nutrisi ini memiliki sifat antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A adalah nutrisi penting lain dalam mangga yang meningkatkan kekebalan. Vitamin ini bisa melawan penyakit menular.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Memasukkan mangga dalam diet seimbang bisa membantu mengurangi lemak tubuh dan mengontrol kadar gula darah. Buah ini menawarkan potasium dan magnesium yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Mangga juga kaya akan senyawa lain bernama mangiferin.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Madras, mangiferin menurunkan kadar kolesterol pada tikus percobaan. Suplementasi mangiferin juga ditemukan meningkatkan kadar HDL (high-density lipoprotein), kolesterol baik.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga mengandung enzim pencernaan seperti amilase yang memecah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana. Ini bisa membantu meningkatkan proses pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan dalam aspek ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Texas A&M University menemukan bahwa polifenol dalam mangga bisa meredakan gejala sembelit.

4. Mendukung kesehatan mata

Vitamin A dan beta-karoten dalam mangga bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Kasus kekurangan vitamin A yang paling parah bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Vitamin A secara khusus meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: