Pascalibur Lebaran, Seluruh ASN Dites Swab

Pascalibur Lebaran, Seluruh ASN Dites Swab

Radartasik, GARUT – Tim Satuan Tugas  (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut melakukan tes swab antigen terhadap seluruh pegawai di lingkungan Setda Kabupaten Garut. Tes swab antigen terhadap aparatur sipil negara (ASN) sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 pascalibur Lebaran.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita mengatakan, pelaksanaan swab antigen terhadap seluruh pegawai pemerintahan dilakukan sebagai akselarasi testing dalam antisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron di Kabupaten Garut.

BACA JUGA: Anak Durhaka, Cek Cok Mulut dengan Ibu Kandung, Kakak Beradik Nekat Bakar Rumah

“Selain pencegahan, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam menambah jumlah tracing yang dilakukan Pemkab Garut,” ujarnya.

Menurut dia, penambahan jumlah tracing perlu dilakukan untuk menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 2 ke Level 1. “Pelaksanaan swab antigen ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran yang diterbitkan oleh Satgas Covid-19, guna mengantisipasi penyebaran virus pasca libur cuti Lebaran,” ujar Yeni.

Ia mengajak setiap pegawai di lingkungan Pemkab Garut melakukan swab antigen yang dilaksanakan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing. “Jika berhalangan hadir karena sakit atau yang lainnya bisa melakukan koordinasi dengan puskesmas terdekat, agar bisa mendapatkan pelayanan tes swab antigen,” katanya.

Kepala Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) Kabupaten Garut juga Kepala Puskesmas Karangmulya Amilia diinstruksikan pimpinan daerah melakukan testing di semua SKPD.

“Kita melaksanakan swab yang diinstruksikan bapak bupati untuk menindaklanjuti pemberlakuan PPKM di Kabupaten Garut yang naik di level 2, di mana salah satu faktornya karena angka testing kita kurang, sehingga bapak bupati menginstruksikan baik kepada anggota TNI Polri dan juga kepada para ASN di wilayah Pemkab Garut untuk melaksanakan testing,” tuturnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: