Anda Harus Tahu, Ini Daerah Rawan Bencana di Wilayah Polres Tasik Kota

Anda Harus Tahu, Ini Daerah Rawan Bencana di Wilayah Polres Tasik Kota

radartasik.com - KOTA TASIK - Posko siaga bencana didirikan Polres Tasikmalaya Kota, Kamis (30/09/21) untuk membantu masyarakat dalam melakukan penanganan bencana alam. 


Hal tersebut dilakukan aparat Kepolisian seiring dengan saat ini mulai masuknya musim penghujan.
 
Di posko siaga bencana yang berada di sekitar halaman Mapolres Tasikmalaya Kota ini, sedikitnya ada 4 personel yang bertugas piket jaga. 

Sementara itu, sebanyak 17 personel lainnya standby di Asrama Polisi (Aspol) Bojong, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.
 
Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Shohet mengatakan, di posko ini juga disiagakan sarana prasarana berupa kendaraan taktis rescue yang dimiliki pihaknya.
 
Pembangunan posko siaga bencana ini seiring dengan masuknya musim penghujan, di mana kejadian bencana kerap muncul disaat hujan turun dengan intensitas yang cukup tinggi.
 
“Di wilayah hukum kita ini ada beberapa daerah yang memang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor, sehingga disiagakan personel yang bertugas untuk membantu masyarakat dikala terjadi bencana,” paparnya.
 
Terang dia, segala sarana prasana dalam penanganan bencana yang dimiliki Polres Tasikmalaya Kota sudah dicek dan berfungsi dengan baik, sehingga jika terjadi bencana bisa digunakan sesuai dengan jenis kebencanaannya.
 
“Dalam penanganan bencana kita berkoordinasi dengan instansi lain yakni BPBD, baik Kota maupun kabupaten Tasikmalaya, karena wilayah hukum kita sebagian ada daerah kabupaten,” terangnya.
 
Dia menambahkan, daerah-daerah yang memiliki potensi bencana dan bisa disebut rawan bencana di antaranya wilayah Sukaresik, Ciawi, Cisayong, Cineam, Gunung Tanjung, dan beberapa daerah lainnya di Kota Tasik.
 
“Sukaresik itu rawan banjir. Di sana dilintasi 2 sungai yakni Citanduy dan Cikidang. Kalau hujan turun deras dan berlangsung lama kerap menimbulkan banjir dari luapan sungai,” tambahnya.
 
Jelas Shohet, untuk daerah rawan longsor berada di daerah Cineam, Cisayong. Gunung Tanjung, karena lokasinya yang memang sedikit berbukit. 

Sementara itu, untuk di wilayah Kota Tasikmalaya potensi bencana yang patut diwaspadai di antaranya adalah pohon tumbang.
 
“Sejauh ini kita belum menerima laporan adanya kejadian bencana alam. Mudah-mudahan saja jangan ada kejadian bencana alam,” jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: