Setelah Ukraina Diserang Rusia, Finlandia Ingin Gabung NATO

Setelah Ukraina Diserang Rusia, Finlandia Ingin Gabung NATO

Radartasik, Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin dari Finlandia membenarkan keinginan negara mereka untuk menjadi bagian dari NATO. Negara itu menahan diri untuk tidak meminta aksesi selama Perang Dingin, tetapi berbalik arah setelah serangan Rusia terhadap Ukraina pada Februari.

Pernyataan itu mengungkapkan pandangan bahwa “sebagai anggota NATO, Finlandia akan memperkuat seluruh aliansi pertahanan.” Kedua pejabat itu mengatakan negara mereka harus mengajukan keanggotaan NATO tanpa penundaan.

NATO mengklaim sebagai organisasi yang murni defensif, tetapi Rusia, yang berbagi perbatasan darat 1.340 km (833 mil) dengan Finlandia, menganggap perluasan blok itu sebagai ancaman terhadap keamanan nasionalnya.

Moskow memperingatkan bahwa Helsinki akan kehilangan statusnya sebagai mediator tepercaya yang diberikan oleh sikap non-bloknya selama sebagian besar abad terakhir. Ia juga mengatakan keamanan Finlandia akan dikompromikan daripada dilayani dengan bergabung dengan NATO, karena Rusia harus menanggapi ekspansi tersebut.

Serangan Rusia di Ukraina menurut Moskow sebagian dimotivasi oleh ekspansi NATO yang merayap di negara itu, tapi hal itu mengayunkan opini publik di Finlandia untuk bergabung dengan blok itu. Menurut jajak pendapat baru-baru ini, sekitar tiga perempat penduduk mendukung langkah tersebut.

Sebuah badan khusus pemerintah yang mencakup dua pejabat tinggi Finlandia dan beberapa anggota kabinet diperkirakan akan bertemu akhir pekan ini untuk mengajukan permohonan resmi, yang kemudian akan diajukan ke parlemen Finlandia untuk disetujui.

Badan legislatif dari setiap sekutu NATO saat ini harus menyetujui permintaan tersebut sebelum Finlandia menjadi anggota. Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto pekan ini mengatakan proses itu akan selesai paling cepat Oktober dan bisa memakan waktu hingga 12 bulan.

BACA JUGA:Elon Musk: Orang Amerika Menghindari Pekerjaan, Tidak Seperti Orang Cina

Sesama negara Nordik, Swedia juga merupakan calon pelamar, tetapi ada beberapa ketidaksepakatan di pemerintah tentang apakah mereka harus menjadi keanggotaan NATO.

Dikutip dari Russian Today,Swedia memiliki tradisi non-blok yang berasal dari Perang Napoleon. Jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar setengah dari orang Swedia saat ini mendukung bergabung dengan NATO.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan awal pekan ini bahwa jika negaranya mengajukan aplikasi untuk bergabung dengan NATO, dia akan lebih memilih untuk diproses bersama dengan tawaran Finlandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today