Elon Musk: Orang Amerika Menghindari Pekerjaan, Tidak Seperti Orang Cina

Elon Musk: Orang Amerika Menghindari Pekerjaan, Tidak Seperti Orang Cina

Radartasik, Elon Musk, kepala eksekutif Tesla dan SpaceX memperkirakan China akan menghasilkan pembuat kendaraan listrik yang sukses karena etos kerja yang kuat di negara itu, sesuatu yang ia anggap kurang di AS.

“Saya pikir akan ada beberapa perusahaan yang sangat kuat yang keluar dari China,” kata Musk dalam wawancara dengan Financial Times. “Hanya ada banyak pekerja keras yang sangat berbakat di China yang sangat percaya pada manufaktur.”

Musk yang menempati peringkat sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan yang diperkirakan oleh Forbes lebih dari $225 miliar, membandingkan pekerja manufaktur China dengan rekan-rekan mereka di AS.

“Mereka tidak hanya akan membakar minyak di tengah malam, mereka akan membakar 3 minyak. Mereka bahkan tidak akan meninggalkan pabrik, sedangkan di Amerika, orang-orang berusaha untuk tidak pergi bekerja sama sekali," lanjutnya dikutip dari Russian Today.

Tesla dilaporkan telah menerapkan beberapa praktik perburuhan di pabriknya di Shanghai yang jelas tidak dapat dicoba di AS. Bloomberg melaporkan bulan lalu bahwa setelah penguncian tiga minggu berakhir, pekerja di pabrik diharuskan tidur dan makan di lantai pabrik dengan setiap karyawan diberikan kantong tidur dan kasur udara dan diharuskan bekerja shift 12 jam, enam hari dalam seminggu.

Dewan Hubungan Perburuhan Nasional Washington memutuskan tahun lalu bahwa Tesla secara tidak sah menginterogasi dan mengancam para pekerja atas upaya mereka untuk membentuk serikat pekerja.

Perusahaan juga menghadapi gugatan karyawan karena diduga menciptakan budaya rasisme. Sedangkan pekerja lain menuduh Musk terlalu menuntut.

Namun Musk yang lahir di Afrika Selatan sendiri mengklaim bahwa dia tidak pernah menghindar dari beban kerja yang berat, ia mengatakan kepada Bloomberg pada tahun 2018 bahwa setiap kali ada karyawannya merasa sakit ia merasa pekerjaanya  menjadi lebih buruk.

BACA JUGA:Elon Musk Akan Mengizinkan Trump Kembali Ke Twitter

Musk terkenal karena sering tidur di lantai pabrik ketika Tesla sedang berlomba untuk memenuhi target produksi pada tahun 2018. Saat itu dia mengatakan kepada CBS News bahwa dia tidak punya waktu untuk pulang untuk mandi.

Etos kerja Amerika tampaknya telah memburuk sejak pandemi Covid-19 dimulai pada tahun 2020. Angka tertinggi pengangguran sepanjang masa mencatat 4,54 juta pekerja AS berhenti dari pekerjaan mereka pada bulan Maret, naik 23% dari tahun sebelumnya.

Dalam banyak kasus, karyawan berhenti daripada kembali ke kantor setelah perusahaan mengakhiri kebijakan kerja jarak jauh yang diterapkan selama pandemi.

Produktivitas pekerja AS juga turun 7,5% dari tahun sebelumnya dalam tiga bulan pertama 2022,  penurunan paling tajam sejak 1947. Pada saat yang sama, biaya tenaga kerja melonjak hampir 12%, yang berarti membuat pemberi kerja membayar jauh lebih banyak untuk mendapatkan jauh lebih sedikit.

Musk mencapai kesepakatan bulan lalu untuk membeli Twitter seharga $44 miliar, memicu alarm di antara karyawan raksasa media sosial itu, beberapa di antaranya menuduhnya rasis dan akan membawa perusahaan ke arah yang salah.

Musk mengatakan pekan lalu bahwa dia tidak khawatir tentang karyawan yang akan meninggalkan Twitter, ia mengatakan, "Ini negara bebas," dan mereka yang tidak merasa nyaman di perusahaan di bawah kepemimpinannya dapat pergi atas kemauan mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today