Ratusan Hewan Peliharaan Antre untuk Divaksin di Leuwidahu

Ratusan Hewan Peliharaan Antre untuk Divaksin di Leuwidahu

radartasik.com KOTA TASIK - Parkiran Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, di Jalan Leuwidahu mendadak ramai didatangi para pemilik hewan peliharaan, Selasa (28/09/21).

Yap, ternyata para pemilik hewan peliharaan itu sedang daftar untuk mem-vaksin binatang kesayangannya.

Pantauan radartasik.com di lokasi, sejak pagi hari puluhan pemilik hewan itu sudah berada di kantor DKP3 sambil membawa hewan peliharaannya. 

Hingga pukul 11.00 WIB, sebanyak 49 pemilik hewan yang ikut vaksinasi ini.

Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi mengatakan, pihaknya menyediakan 400 vaksin rabies. Tujuannya agar para hewan peliharaan tak terpapar virus rabies.

"Jadi kami lakukan vaksinasi rabies ini untuk hewan-hewan peliharaan seperti kucing, anjing, musang, dan juga kera kalau ada," ujarnya kepada radartasik.com.

Terang dia, vaksinasi ini dalam rangka memperingati Hari Rabies se-dunia. Para pemilik hewan peliharaan ini antusias mengikuti vaksin. 

Untuk pendaftaran secara online dan saat ini sebanyak 49 hewan peliharaan telah mendaftar untuk divaksin rabies.

"Vaksin rabies ini untuk menghilangkan mitos dan kekhawatiran bahwa hewan peliharaan ini kalau divaksin akan sakit. Justru dengan divaksin ini akan membuat hewan peliharaan itu sehat serta terhindar dari penyakit rabies," terangnya.

Tedi menambahkan, kalau hewan peliharaan sudah terpapar rabies, maka yang memeliharanya kemungkinan besar tertular rabies dan bisa menyebabkan kematian.

"Maka kita yang memilik pusat kesehatan hewan dengan 3 dokter hewan makanya melakukan vaksinasi rabies ini secara gratis. Apabila esok-lusa ada yang ingin divaksin rabies lagi, kami persilahkan selama vaksinya masih ada," tambahnya. 

Secara umum rabies adalah suatu virus mematikan yang menyebar ke manusia dari air liur hewan yang terinfeksi. Rabies biasanya menyebar melalui gigitan hewan. 

Binatang yang paling mungkin menyebarkan rabies antara lain anjing, kelelawar, anjing hutan, rubah, sigung, dan rakun.

Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, kelebihan air liur, kejang otot, kelumpuhan, dan kebingungan mental. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: