Mengejutkan, Suzuki Dikabarkan Berhenti di MotoGP

Mengejutkan, Suzuki Dikabarkan Berhenti di MotoGP

Radartasik, JAKARTA – Secara mengejutkan Suzuki dikabarkan berhenti dari MotoGP akhir musim 2022 ini. Belum dijelaskan apakah hal ini karena permasalahan keuangan atau ada hal lain. 

Hal ini terungkap setelah sesi latihan di Jerez pada Senin lalu. Sementara Suzuki sendiri masih memiliki kontrak di MotoGP hingga 2026 mendatang.

BACA JUGA:Satu Dekade MotoGP Jerez, Honda dan Yamaha Dominasi Kemenangan, Pekan Ini Milik Siapa?

Dilansir dari crush.net bahwa belum ada komentar lebih lanjut terkait keputusan Suzuki berhenti dari MotoGP tahun ini.

Jika Suzuki berhenti dari MotoGP, ini merupakan kali keduanya pabrikan asal Jepang yang sempat menjuarai MotoGP pada 2020 ini --melalui Joan Mir keluar dari MotoGP.

BACA JUGA:Kemenangan Perdana MotoGP 2022 Bikin Quartararo Memuncaki Klasemen

Pada 2012 lalu Suzuki juga keluar dari MotoGP setelah mengalami krisis keuangan. Jika terjadi, Joan Mir dan Alex Rins akan membutuhkan tim baru untuk musim MotoGP 2023.

Pada saat ini Suzuki Motor Corporation telah memutuskan keluar dari MotoGP akibat resesi berkepanjangan di negaranya serta bencana alam.

Pihak Suzuki dikabarkan akan memberikan pengumuman resminya pada Selasa 5 Mei yang akan mengakibatkan MotoGP hanya diikuti oleh 5 pabrikan yang diantaranya Ducati, Honda, Yamaha, KTM serta Aprilia.

Sebelumnya, kembalinya Suzuki di MotoGP setelah mendapatkan wildcard dengan pembalapnya Randy de Puniet pada akhir tahun 2014.

Setelah itu Suzuki kembali di MotoGP dengan sepeda motornya GSX-RR menggantikan GSV-R sebelumnya serta tim balap baru yang dibentuk oleh Davide Brivio pada 2015 lalu.

Tak hanya Suzuki yang pernah meninggalkan MotoGP, Kawasaki juga telah meninggalkan MotoGP sebelum kontraknya dengan Dorna berakhir, pada 2008 lalu.

Bahkan sejak saat ini Kawasaki belum lagi kembali meramaikan persaingan di MotoGP.

Sejak kehadiran di MotoGP, Suzuki telah beberapa kali mencatatkan prestasi terbaiknya diantaranya pada 1976 serta1977 dengan pembalapnya Barry Sheene, pada 1981 dengan pembalapnya Marco Lucchinelli dan pada 1982 dengan pembalapnya Franco Uncini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: