Kaum LGBTQ Diburu Taliban, Nyaris Kelaparan

Kaum LGBTQ Diburu Taliban, Nyaris Kelaparan

Radartasik.com, KABUL — Kaum lesbian, gay, biseksual, transgender dan queer (LGBTQ) di Afghanistan dikabarkan bersembunyi dalam ketakutan dan kehabisan makanan karena terus diburu Taliban.

Kabar ini menjadi perhatian setelah aktivis di luar Afghanistan mengaku dihubungi ratusan orang LGBTQ yang meminta tolong untuk dievakuasi agar dapat kabur dari Taliban.

”Mereka punya dua daftar nama berisi ratusan nama para anggota LGBTQ yang meminta bantuan, salah satunya Rabia Balkhi,” kata Balkhi, salah seorang aktivis kepada CNN dikutip Senin (20/09/2021).

”Situasinya semakin buruk setiap hari. Ketakutan ditangkap menjadi bagian hidup saya sekarang dan saya sangat stres sampai tak bisa tidur,” sambung dia.

Dari persembunyiannya itu, Balkhi menerima banyak kabar dari rekan-rekannya dari komunitas LGBTQ. Salah satu dari mereka mengaku diperkosa setelah ditemukan oleh Taliban.

Sejumlah orang LGBTQ lainnya mengatakan kepada CNN bahwa mereka bersembunyi di ruangan sempit atau ruang bawah tanah selama berminggu-minggu. Mereka hanya dapat menatap tembok dan tak hentinya melihat ponselnya, menanti waktu yang tepat untuk kabur.

Beberapa orang lainnya disembunyikan oleh temannya. Mereka masih beruntung karena teman-teman itu membawakan makanan. Namun, ada sejumlah anggota LGBTQ lainnya yang mengaku kepada CNN bahwa mereka terisolasi dan hampir kehabisan pasokan makanan.

Mereka semua merasa ditelantarkan oleh komunitas internasional karena tidak ada lagi penerbangan evakuasi setelah Amerika Serikat hengkang dari Afghanistan pada 30 Agustus lalu.

Para anggota komunitas LGBTQ itu mengatakan mereka sangat butuh bantuan untuk kabur sebelum Taliban datang. Mereka takut karena seorang pejabat Taliban sudah mengatakan mereka bakal menerapkan dua hukuman untuk homoseksual. Salah satunya rajam.

Namun, seorang juru bicara Taliban mengonfirmasi kepada CNN bahwa kelompoknya belum menentukan langkah terhadap populasi LGBTQ. Menurut dia, kehidupan LGBTQ saja sudah sulit sebelum Taliban berkuasa.

”Pada pemerintahan sebelumnya, LGBTQ di Afghanistan memang sudah mengalami diskriminasi,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: