Tes CPNS & PPPK se-Priangan Timur, 3.506 Pelamar Kota Tasik Rebutkan 213 Formasi

Tes CPNS & PPPK se-Priangan Timur, 3.506 Pelamar Kota Tasik Rebutkan 213 Formasi

radartasik.com KOTA TASIK — Sebanyak 22.448 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Senin (20/9/21) hingga 18 Oktober di STMIK Tasikmalaya.


Sebanyak 3.506 pelamar formasi Kota Tasikmalaya, mendapat urutan pertama untuk memperebutkan 213 formasi CPNS dan 68 PPPK non-guru. 

Peserta SKD CPNS mengikuti ujian yang terbagi 3 sesi dalam satu hari, 20 sampai dengan 24 September 2021. 

Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf sempet meninjau dan membuka seleksi hari pertama Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai ASN di Lingkungan Kota Tasikmalaya tersebut.

Dia berpesan kepada para peserta agar melaksanakan tes dengan mentaati semua tata tertib dan mengikuti arahan panitia maupun pengawas. 

Selain itu, juga patuhi protokol kesehatan (Prokes). Sebab, yang ikuti seleksi dipusatkan di Kota Tasik ini se-Priangan Timur.

"Selain taati semua tata tertib dan arahan dari panitia maupun pengawas, juga saya titip pesan taati prokes ya," ujar Yusuf usai membuka seleksi hari pertama kepada radartasik.com.

Terang Yusuf, reformasi birokrasi pada hakekatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan, penataan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Erutama, menyangkut aspek kelembagaan, tataklasana dan sumber daya aparatur.

"Ini semua dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Arena perubahan dalam reformasi birokrasi ini adalah penataan sistem manajemen aparatur yang difokuskan terhadap peningkatan kinerja pegawai,” terangnya.

“Selain itu, juga promosi secara terbuka dan rekruitmen calon pegawai ASN. Sistem rekruitmen CPNS ini dilaksanakan dengan prinsip teritegrasi, transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tak diskriminatif dan bebas dari praktik KKN,” sambungnya.

Jelas Yusuf,implementasi dari hal itu maka testnya melalui metode Computer Assisted Test (CAT) yang telah dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sistem ini merupakan sistem rekruitmen pegawai yang sangat terbuka dan transparan.

“Salah satu keunggulan metode ini adalah para peserta tes maupun publik dapat langsung mengetahui skor atau nilai masing-masing peserta pada saat maupun setelah selesai mengerjakan tes. Sistem ini jelas tidak akan bisa direkayasa. Karena komputer yang langsung memeriksa jawabannya,” jelasnya. 

Turut hadir dalam pembukaan seleksi hari pertama ini: Kepala Kantor Regional III BKN, Tauchid Djatmiko; Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih; Sekda Kabupaten Tasik, Mohammad Zen dan para kepala BKPSDM Garut, Ciamis serta Pangandaran. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: