Kota Tasik Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Warga di 4 Wilayah Ini Harus Waspada

Kota Tasik Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Warga di 4 Wilayah Ini Harus Waspada

radartasik.com KOTA TASIK — Sejak beberapa hari lalu curah hujan yang tinggi menguyur wilayah Kota Tasikmalaya. 

Meski demikian, hari Kamis (16/09/21) cuaca cukup cerah. Namun, pihak Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tetap mengingatkan bahwa curah hujan masih bisa terjadi.

Kepala Seksi Penanganan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG wilayah Jawa Barat termasuk Kota Tasik akan tetap terjadi hujan.

“Karena kita kan sudah masuk musim hujan. Selama tiga hari terakhir juga sudah ada peningkatan intensitas hujan di Kota Tasikmalaya walaupun hari ini cerah,” ujarnya kepada radartasik.com yang dihubungi melalui ponselnya.

Kendati demikian, dia menyebutkan, selama beberapa hari terakhir belum terdapat laporan kejadian bencana alam akibat curah hujan tinggi di wilayahnya. 

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan melalui jaringan relawan kebencanaan. 

"Kita tetap memantau melalui grup relawan yang ada di kelurahan," terangnya.

Erik menambahkan, sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi mitigasi ke sejumlah kelurahan yang memiliki potensi kejadian bencana. 

Dengan begitu, diharapkan aparat di kelurahan dapat lebih waspada dalam mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi.

Berdasarkan pendataan pihaknya, wilayah Kecamatan di Kota Tasikmalaya yang memiliki potensi bencana tanah longsor adalah Mangkubumi, Kawalu, Tamansari, dan Purbaratu. 

Karena itu, masyarakat yang tinggal di wilayah kecamatan tersebut diminta lebih waspada menghadapi longsor. 

"Karena di sana juga ada beberapa rumah yang lokasinya di lereng atau perbukitan. Aparat setempat juga harus senantiasa menginformasikan agar masyarakat waspada. Kalau ada tanda-tanda, masyarakat juga harus diminta segera melapor," jelasnya. 

Sedangkan untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang, tukas Erik, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pemangkasan. 

Sebab, BPBD tak memiliki kewenangan untuk melakukan pemangkasan pohon, terutama yang berada di jalan protokol. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: