Ngeri! Anak-anak Ini Harus Lalui Jembatan Gantung Rusak untuk Pergi ke Sekolah

Ngeri! Anak-anak Ini Harus Lalui Jembatan Gantung Rusak untuk Pergi ke Sekolah

Radartasik, SULSEL- Jembatan gantung mirip di Film Indiana Jones ternyata masih ada di sejumlah daerah.  Seperti halnya jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Tamara dengan Dusun Padang Lambe, Desa Malela, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulsel. Pasca terputus akibat diterjang banjir awal tahun 2021 lalu jembatan itu hanya menyisakan kawat sling jembatan saja. Sementara papan kayu yang menjadi pijakannya hilang dibawa banjir.

Kendati kondisi jembatan gantung tersebut berbahaya dan tidak layak dilewati, namun masih banyak warga yang melewatinya untuk berbagai keperluan. Seperti yang dilakukan oleh para murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malela yang terpaksa harus melintasi kawat sling jembatan gantung di Sungai Cimpu itu untuk menuju sekolah mereka.

Atas kondisi tersebut, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Fadriaty Asmaun meminta agar Pemkab Luwuk bisa segera memperbaiki jembatan gantung yang rusak itu.  “Dinas PU harus memberikan perhatian khusus terhadap jembatan ini. Terutama Dinas PUPR Kabupaten Luwu,” kata Fadriaty.

Legislator Partai Demokrat Sulsel ini sejak digelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Kabupaten Luwu mengatakan, murid MI di Malela terpaksa melewati jembatan gantung yang rusak. Untuk itu, Fadriaty meminta Pemkab Luwu segara mengerjakan perbaikan. Tidak ada alasan untuk menunda lagi.

“Saya sudah menyampaikan ke Pak Plt Gubernur, dan InsyaAllah akan dibantu melalui bantuan keuangan. Tinggal dinas terkait melakukan tindak lanjut dalam bentuk proposal perencanaan pembangunan jembatan tersebut,” paparnya.

Sementara itu Kadis PUPR Luwu, Iksan mengatakan, akan membangun kembali jembatan gantung yang rusak di Malela tersebut. “InsyaAllah di anggaran pada 2022,” kata Iksan.

Menurutnya, saat ini penganggaran untuk perbaikan jembatan gantung itu masih dirampungkan tim teknis. Namun, perkiraan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp250 jutaan. (shd/fajar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: