40 Koperasi Nonaktif, Ada yang Dapat Hibah Rp500 Juta

40 Koperasi Nonaktif, Ada yang Dapat Hibah Rp500 Juta

radartasik.com, BANJAR— Sekitar 40 dari 80 koperasi di Kota Banjar sudah nonaktif. Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas KUKMP Kota Banjar Tatang Nugraha, koperasi yang nonaktif itu sudah tidak melaporkan Rapat Anggota Tahunan (RAT).


“Dari 80 koperasi yang ada baru 40 koperasi yang aktif, aktif melaporkan RAT. Sisanya yang 40 itu tidak aktif,” kata Tatang di ruang kerjanya, Jumat (10/9/2021).

Koperasi yang nonaktif beberapa di antaranya koperasi di kelurahan. Pihaknya saat ini masih menunggu hasil audit Inspektorat.

“Koperasi kelurahan itu dulunya mendapat hibah modal sekitar Rp500 juta. Namun kini kondisinya tidak aktif. Hanya beberapa yang aktif seperti di Kelurahan Banjar, Purwaharja, Karangpanimbal,” katanya.

Koperasi kelurahan itu, katanya, bergerak dalam usaha simpan pinjam. Kendalanya rata-rata banyak kreditur yang tidak membayar, sehingga usahanya macet.

“Dulunya simpan pinjam tapi tidak berjalan. Tahu sendiri kan untuk usaha simpan pinjam risikonya besar,” kata dia.

Dari kondisi 40 koperasi yang nonaktif itu, jelasnya, belum ada pembekuan karena masih menunggu audit dan laporan RAT dari masing-masing koperasi. “Yang 40 itu belum dibekukan, namun jika selama tiga kali atau tiga tahun RAT tidak ada laporan baru ada tindakan,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: