Nana: Ormas di Kota Banjar Boleh Kritis Asal Positif, Lebih Baik Ikut Musrenbang

Nana: Ormas di Kota Banjar Boleh Kritis Asal Positif, Lebih Baik Ikut Musrenbang

radartasik.com, BANJAR — Pemerintah Kota Banjar mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) bersinergi dalam pembangunan daerah. Yaitu dengan cara menjalankan fungsi kontrol sosial melalui masukan-masukan yang positif dan prosedural. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana seusai membuka acara Pembinaan Ormas di Aula Gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (DPMDKesbangpol), Selasa (7/9/2021).


Nana menuturkan saat ini fungsi kontrol ormas sudah berjalan baik. Ketika ada kebijakan yang salah, langsung dengan cepat ditanggapi agar tidak terlalu jauh melenceng dari jalur. “Akan tetapi kami sampaikan kepada mereka bahwa ormas ini dibangun secara hukum, artinya ketika melakukan protes harus sesuai prosedural,” katanya.

Menurutnya, ormas memiliki hak untuk mengawasi. Maka dari itu fungsi pengawasan mereka laksanakan dengan cara prosedural. “Ketika bagaimana mereka ingin mengkritik kami, maka kritik lah dengan kritikan yang membangun dan positif, sehingga kami tahu apa yang kurang dari kebijakan yang telah kami bikin,” ucapnya.

Nana menambahkan kritikan akan lebih baik ketika disampaikan sebelum disahkannya sebuah rencana atau kebijakan pemerintah. Tidak pada pertengahan jalan, misalnya ketika APBD sudah diketok. “Lebih baik kalau ingin mewarnai Banjar, ormas ikutlah Musrenbang. Pada saat perencanaan, hal-hal apa saja yang menurut masyarakat yang dihimpunnya (ormas) ingin dibangun di Kota Banjar. Sampaikan di Musrenbang,,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: