Kemendes Gandeng Bank Jerman untuk Pengembangan BUMDes

Kemendes Gandeng Bank Jerman untuk Pengembangan BUMDes

Radartasik.com, JAKARTA — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan Bank Pembangunan Jerman atau KfW Jerman dalam pengembangan badan usaha milik desa alias BUMDes.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan setidaknya ada dua hal yang ingin dikerjasamakan dengan pihak Jerman, khususnya dengan Bank Pembangunan Jerman atau KfW Jerman, yaitu mengenai sumber daya manusia (SDM) dan pertumbuhan ekonomi.

”Andalan kami untuk pengembangan ekonomi itu adalah BUMDes dan BUMDesma (BUMDes Bersama),” kata Halim dalam pertemuannya dengan Wakil Duta Besar Jerman Mr Thomas Graf, Selasa (31/08/2021).

Halim menjelaskan BUMDes yang berdiri di sejumlah desa di Indonesia bertugas mengonsolidasi usaha warga sekaligus memutus mata rantai perdagangan yang terlalu panjang sehingga membuat harga jual di masyarakat dan pasar tidak stabil.

Di bidang pengembangan SDM, Halim menginginkan ada transformasi knowledge sehingga kerja sama dapat dilanjutkan generasi berikutnya di desa-desa di Indonesia yang sesuai dengan arah pembangunan desa yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

”Semua program yang kita lakukan ini ada transformasi knowledge,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Jerman Mr Thomas Graf menyampaikan, kehadirannya itu dalam rangka turut membantu mengimplementasikan SDGs Desa sebagaimana digagas Halim Iskandar khususnya pasca pandemi.

Kerja sama yang dimaksud itu adalah bidang ekonomi, pembangunan sosial khususnya SDM dan pengentasan daerah-daerah tertinggal yang menjadi tantangan besar bagi negara Indonesia.

”Kami sekarang sudah bekerja sama dengan Indonesia untuk beberapa project, seperti iklim dan energi, lingkungan hidup, SDM dengan bentuk pelatihan yang menjadi ciri khas dukungan Jerman untuk pembangunan,” terang pria yang menjadi Plt Dubes Jerman itu. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: