Temui Taliban, Menlu Retno Marsudi Sampaikan Ini

Temui Taliban, Menlu Retno Marsudi Sampaikan Ini

Radartasik.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menemui sejumlah perwakilan Taliban di sela-sela kunjungan kerjanya ke Doha, Qatar, pada Kamis (26/08/2021).

”Saya menyampaikan kepada Taliban pentingnya pemerintahan inklusif di Afghanistan, perlindungan hak perempuan, dan memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat lahirnya organisasi dan aktivitas teroris,” tulis Retno melalui akun Twitter-nya, dikutip Jumat (27/08/2021).

Selain itu bertemu dengan perwakilan Taliban, Retno bertemu dengan Menlu Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani di Doha. ”Dalam pertemuannya dengan Al-Thani, mereka mendiskusikan isu-isu terkait masa depan Afghanistan,” lanjutnya.

Dapat disampaikan bahwa pertemuan Retno dengan Taliban berlangsung bertepatan teror bom bunuh diri yang terjadi di dekat Bandara Kabul, Afghanistan yang menewaskan lebih dari 60 orang warga sipil dan 12 orang tentara Amerika Serikat.

ISIS mengaku bertanggung jawab. ISIS Khurasan (ISIS-K) disebut sebagai kelompok yang jadi otak ledakan.

”Pengebom hari ini mampu menembus semua benteng keamanan dan berada dalam jarak lima meter dari pasukan AS sebelum meledakkan sabuk bahan peledaknya,” bunyi pernyataan media propaganda ISIS Amaq yang diterjemahkan lembaga pemantau gerakan ekstremisme, SITE. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: