Jumat Berkah: dari Celengan Siswa, SDN 1 Banjar Santuni Anak Yatim

Jumat Berkah: dari Celengan Siswa, SDN 1 Banjar Santuni Anak Yatim

radartasik.com, BANJAR - Pendidikan karakter siswa di SD Negeri 1 Banjar perlu diapresiasi. Pasalnya, dengan program jumat berkah, siswa SD dari semua tingkatan dituntut memiliki sikap empati kepada sesama terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.


Program jumat berkah yang digawangi Kepala SD Negeri 1 Banjar Ikah Kartikah SAg ini mampu menyumbangkan hasil celengan semua siswa sebanyak kurang lebih Rp 20 juta dalam jangka dua minggu kepada anak yatim, yatim piatu, dan kaum duafa.

“Dalam rangka 10 muharam kami ingin berbagi kepada anak yatim piatu dan kaum duafa yang ada di SD Negeri 1 Banjar serta para pengayuh becak yang berads di lingkungan sekitar sekolah. Kami memberikan bantuan paket sembako dan uang tunai kepada yatim piatu, kemudian uang tunai juga bagi duafa. Selain siswa, bantuan juga datang dari para orang tua siswa dan guru,” kata Ikah Kartikah SAg, Kamis (19/8/2021).

Menurut dia, bantuan langsung disalurkan di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerima bantuan dari anak yatim dan kaum duafa yang merupakan warga sekolah tersebut secara bergantian mengambil bantuan.

“Santunan kepada siswa kami yang merupakan yatim, yatim piatu, dan duafa yang terdampak PPKM ini merupakan pendidikan karakter. Kami memberikan pendidikan karakter ini tidak hanya bagi siswa yang mampu saja secara ekonomi. Namun para siswa yang mendapat santunan juga mendapat kesempatan untuk sama-sama berbagi dengan menyisihkan sisa jajannya untuk dimasukan ke celengan,” katanya.

Intinya kata dia, SD Negeri 1 Banjar memiliki program untuk mengajak semua pihak berbagi yang diutmakan merupakan siswa dan warga sekitar. Pihaknha rutin berbagi setiap hari besar Islam salah satunya saat momen 10 muharam. 

“Untuk yatim dan piatu juga ikut menyumbang, tapi keberadaan mereka (yatim piatu) juga mendapat bantuan. Kami memberikan pelajaran bahwa berbagi itu tidak harus orang atau siswa yang mampu, tapi semua memiliki kesempatan untuk berbagi,” ucapnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: