E-Commerce Bisa Jadi Solusi Dongkrak Omset UMKM di Kota Tasik

E-Commerce Bisa Jadi Solusi Dongkrak Omset UMKM di Kota Tasik

KOTA TASIK - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Tasikmalaya, Firmansyah mengatakan, menurunnya omzet penjualan dan daya beli dampat pandemi Covid sudah ditindaklanjuti.

Kata dia, hal itu ditindaklanjuti dengan mengutamakan sebuah solusi untuk para UMKM, salah satunya dengan mengupayakan bantuan BPUM. 

"Selain batuan itu, kita juga mengupayakan pelatihan-pelatihan yang sifatnya e-commerce," katanya kepada radartasik.com, Rabu (18/08/21).

Dalam pelatihan e-commerce tersebut, Pemkot Tasikmalaya bekerja sama dnegan instansi yang menangani penjualan secara online. 

Termasuk, kata dia, saat ini pihaknya terus membangkitkan semangat para UMKM agar omzet penjualan meningkat.

"Khususnya dalam kondisi keterbatasan saat ini bisa bangkit, tentunya dengan mengandalkan peluang-peluang melalui penawaran kerja sama," terangnya.

Dia menambahkan, dalam hal menggaet investor juga pihaknya sudah melakukan bagi mereka yang ingin menampung produk UMKM Kota Tasik untuk semua hal berkaitan dengan ekonomi ini yang terdampak. 

"Makanya salah satu solusi yang saat ini bisa dilaksanakan yakni mencari peluang untuk bisa bangkit. Sampai saat ini Pemkot Tasik tidak bisa memberikan bantuan secara langsung karena keterbatasan anggaran," tambahnya.

Dengan adanya fasilitasi e-commerce itu, saat ini penjualan meningkat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. 

Bahkan peningkatan itu dimilikinya dari babarpa yang dilakukannya seperti pelatihan Penjualan online. 

"Kita sudah memberikan pembinaan untuk 1.000 UMKM, dan itu sudah dilaksanakan, dan ada beberapa catatan diantara 1.000 UMKM itu sudah melakukan upaya-upaya penjualan marketing secara online," pungkasnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: