Di Kawalu Banyak Lansia Takut Divaksin, Ini Alasannya..

Di Kawalu Banyak Lansia Takut Divaksin, Ini Alasannya..

radartasik.com KOTA TASIK - Dosen Universitas Siliwangi (Unsil) kembali melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Posyandu Gelatik Kelurahan Kersamenak Kecamatan Kawalu, Rabu (18/08/21). 

Pengabdian masyarakat dengan tema "Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Program Vaksinasi Covid-19 dengan sasaran lansia.

Tim pengabdian masyarakat itu yakni Sri Maywati, SKM,. M.Kes, Nissa Noor Annashr, SKM,. MKM, Yukdan Faturrahman, SKM,. MKes dan Santiana, S.Si., MPd.

Perwakilan Tim Pengabdian Masyarakat, Sri Maywati, SKM,. M.Kes mengatakan, kegiataan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi vaksinasi pada masyarakat khusus lansia. 

"Tentunya untuk peningkatan partisipasi ini memerlukan pemahaman yang jelas kepada masyarakat khususnya lansia," katanya kepada wartawan. 

Menurut dia, tingkat partisipasi masyarakat, khususnya lansia, terhadap vaksinasi masih kurang atau takut mengikuti program vaksinasi tersebut. 

"Bahkan tadi saya melaksanakan wawancara dengan lansia. Mereka takut karena memiliki komorbid, termasuk rumor efek samping setelah divaksin," terangnya.

Melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Unsil, kata dia, turut meluruskan ketakutan akan vaksinasi tersebut, sehingga berefek terhadap partisipasi vaksin lansia meningkatkan. 

"Termasuk kami dalam kesepakatan ini sekalian menjelaskan manfaat vaksin bagi tubuh, juga menjelaskan karekteristik virus itu sendiri agar dipahami oleh masyarakat kahusnya lansia," tambahnya. 

Sri berharap dengan kegiataan tersebut, bisa meningkatkan pemahaman terhadap pelaksanaan vaksinasi bagi lansia. Sehingga meningkatkan partisipasi vaskinasi. 

"Mudah-mudahan partisipasi masyarakat khususnya lansia meningkatkan dalam mengikuti vaksinasi ini," harapnya.

Kader Posyandu Gelatik, Eva Srinovianti mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat, dan sosialisasi mengenai vaksinasi tersebut sangat dibutuhkan di tengah masyarakat khususnya lansia. 

"Memang lansia ini masih kurang partisipasinya, karena memang takut," tuturnya.

Dia berharap dengan adanya sosialisasi vaksinasi itu, bisa meningkatkan partisipasi vaksinasi masyarakat khususnya lansia di Kelurahan Kersamenak, Kawalu. 

"Mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi, khususnya lansia yang memang rentan," harapnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: