Dr Aqua Dwipayana: Setiap Pegawai Harus Bersyukur Melayani Banyak Orang

Dr Aqua Dwipayana: Setiap Pegawai Harus Bersyukur Melayani Banyak Orang

radartasik.com MATARAM - Siapapun yang mendapat amanah menjadi pegawai di berbagai instansi atau lembaga, termasuk di lingkungan Bank Rakyat Indonesia (BRI) harus dapat memunculkan rasa syukur karena bisa melayani banyak orang. 

Hal itu merupakan aktivitas yang sangat mulia dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan melakukan itu. 

“Sama dengan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang sekarang kita lakukan. Saya sangat bersyukur dan senang sekali sore ini bisa melayani para pegawai BRI Cabang Mataram. Saya merasa terhormat berada di sini". 

Demikian pesan jernih yang disampaikan Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan para pegawai BRI Cabang Mataram, pada Rabu sore, 11 Agustus 2021 di Hotel Astoria Mataram. 

Tema Sharing Komunikasi dan Motivasinya adalah "Semangat Mengukir Prestasi dan Berkontribusi Aktif untuk Kemajuan Perusahaan".  Pemimpin BRI Cabang Mataram Bayu Adityo memimpin langsung acara yang dilakukan di ruang terbuka tersebut. 

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu mengawali rangkaian enam sesi acara serupa sepanjang pekan ini. 

Selama di Lombok, Dr Aqua secara marathon memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, ASDP Cabang Lembar-Lombok, dan Direktorat Polair Polda Nusa Tenggara Barat. 

Pada Kamis sore, 12 Agustus 2021,  sesudah semua acara di Nusa Tenggara Barat tuntas, Dr Aqua meninggalkan Lombok dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. 

Hanya satu agendanya yakni pada Jumat pagi, 13 Agustus 2021 Sharing Komunikasi dan Motivasi di Direktorat Polair Polda Bali yang dipimpin Kombes Pol Toni Ariadi. 

Siangnya pembicara yang memiliki jam terbang tinggi ini naik pesawat Citilink ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta kembali ke rumahnya di Bogor. 

Begitu tiba  langsung memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi via daring kepada lebih dari 3.000 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali. 

Jadi, selama minggu kedua Agustus 2021 ini, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu memberikan enam sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi baik secara langsung maupun virtual kepada ribuan orang. 

Di masa pandemi, produktivitas Dr Aqua justru semakin meningkat. 

Pembicara laris tersebut menambahkan, di luar sana banyak Pakar Komunikasi dan Motivator. 

Namun hanya sebagian kecil yang seberuntung dirinya. Diundang memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di depan para pegawai BRI Cabang Mataram. 

"Amanah dari Pak Bayu untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi nilainya besar sekali. Tidak dapat digantikan oleh uang berapapun. Untuk itu harus dioptimalkan agar semua yang hadir merasa puas dan bermanfaat buat diri masing-masing. Akhirnya berpengaruh besar pada peningkatan kinerja perusahaan," papar pria yang telah menulis banyak buku "best seller" ini. 

Dr Aqua mengajak seluruh yang hadir untuk menjadi pegawai yang  komunikatif dan punya pandangan (mindset) sebagai pemenang untuk mencapai target kinerja menuju kesuksesan. 

Selain itu, berusahalah menjadi orang yang baik kepada semua orang dan ramah dengan siapa pun agar mendapat predikat pegawai teladan di mata rekan kerja dan di hadapan Tuhan yang Maha Esa. 

Menurut doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu, komunikasi menjadi aspek terpenting dalam kesuksesan bekerja. 

Kemampuan berkomunikasi turut menentukan keberhasilan seseorang saat berkarir. 

“Berkomunikasi dengan baik menjadi tantangan bagi semua pegawai untuk bisa dilakukan. Belajarlah untuk menyimak yang disampaikan setiap orang, menerima kritik sepahit apapun, sekaligus mampu mengartikulasikan ucapan kita dengan jelas dan jernih,” kata Dr Aqua yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 150 orang dari hasil penjualan  buku "super best seller" karyanya yang berjudul "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi". 

Apresiasi Peserta

Di awal pemaparannya, Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu dengan hangat menyapa seluruh yang hadir. 

Bapak dari Alira Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana tersebut mengapresiasi mereka karena saat hari libur nasional 1 Muharram 1443 Hijriah sengaja menyempatkan waktu untuk datang ke acara itu. 

Hal tersebut menurut Dr Aqua menunjukkan keikhlasan mereka. Positif sekali sebagai pertanda bahwa semua yang hadir ingin lebih maju lagi dengan menambah ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman mereka. 

"Ini adalah pertanda baik. Saya mengapresiasi semua yang hadir pada sore hari yang cerah ini. Alhamdulillah tidak hujan sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di tempat ini," lanjut Dr Aqua. 

Kepada seluruh yang hadir penulis buku "super best seller" Trilogi The Power of Silaturahim ini mengajak mereka untuk selalu bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tetap sehat dan tidak terkena dampaknya. 

"Semuanya harus banyak bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tetap sehat. Juga tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) seperti yang dialami banyak orang tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ratusan negara. Sebagai wujud rasa syukur, teruslah meningkatkan kinerja masing-masing. Agar bahagia, sukses, dan berpahala, maka kita harus menempatkan bekerja itu sebagai bagian dari ibadah kita,” tegas Dr Aqua. 

Terkait dengan pelayanan yang diberikan kepada nasabah, menurut anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu, seluruh pegawai perlu melaksanakan 3K. 

Hal itu merupakan kunci sukses dalam melakukan semua aktivitas termasuk sebagai insan BRI. 

“'K' yang pertama adalah Kredibilitas. Sebagai pegawai BRI Cabang Mataram, harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang dipercaya. Apalagi bekerjanya di sektor perbankan yang mengutamakan kepercayaan,” kata Dr Aqua menegaskan. 

Sementara, 'K' yang kedua adalah Komitmen. Sebagai bankir, menurut motivator yang telah memotivasi ratusan ribu orang ini, semua pegawai BRI Cabang Mataram harus selalu melaksanakan janji. Tepati, jangan sampai mengingkarinya. Sehingga para nasabah dan mitra selalu mempercayainya. 

“Terakhir, 'K' yang ketiga adalah Konsisten. Lakukan semua aktivitas terutama dalam bekerja secara konsisten. Ini sangat penting karena erat kaitan dengan kredibilitas sebagai bankir,” ucap Dr Aqua. 

Beri Asupan Halal

Kepada semua yang hadir pria yang hobi silaturahim tersebut mengingatkan agar di samping fokus bekerja, juga perlu memberikan perhatian pada anak-anaknya. Seluruhnya harus sukses dalam pendidikan untuk meraih cita-citanya. 

Menurut Dr Aqua alangkah baiknya jika orangtuanya sukses bekerja di BRI dan anak-anaknya berhasil menuntaskan pendidikannya hingga perguruan tinggi dan mewujudkan cita-citanya. 

"Jangan sampai terjadi orangtuanya sukses berkarir di BRI, sementara anak-anaknya gagal dalam pendidikan. Jadi semuanya harus seiring sejalan," ungkap Dr Aqua. 

Terkait dengan itu, untuk mewujudkan keberhasilan anak-anak dalam pendidikan dan hidupnya, Dr Aqua menyampaikan beberapa tips. 

Hal tersebut telah berhasil dilaksanakannya kepada kedua buah hatinya Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana. 

Pertama, jangan beri makanan dan minuman yang haram. Selalu memberi asupan yang halal kepada keluarga. Paling baik dari hasil keringat sendiri. 

"Jangan pernah mengambil yang bukan hak kita kemudian diberikan kepada keluarga. Pasti tidak berkah. Teman dan atasan tidak tahu, tapi Tuhan Maha tahu," tutur Dr Aqua. 

Kedua, sejak dini beri anak-anak pendidikan agama. Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini pelajaran agama menjadi sangat penting buat semua anak. 

"Pendidikan agama itu menjadi benteng atau penghalang buat semua anak dari berbagai pengaruh negatif. Jika dasar agamanya kuat mereka dapat menghadapi kondisi apa saja dan tidak terpengaruh," terang Dr Aqua. 

Ketiga, jadilah orangtua yang demokratis, jangan otoriter. Selalu menjadikan semua anak sebagai teman. 

Mengakomodir berbagai keinginannya. Sebelum mereka melaksanakannya agar lebih dulu diajak diskusi plus dan minus yang bakal diperoleh jika para anak melakukan yang mereka inginkan. 

"Buka saluran komunikasi seluas-luasnya kepada semua anak. Dengan begitu mereka setiap saat tidak ragu mendiskusikan topik apapun dengan orangtuanya termasuk tentang rencana hidupnya," pungkas Dr Aqua. 

Sangat Bermanfaat

Dalam sambutannya, Bayu Adityo menyampaikan kepada semua yang hadir agar mengoptimalkan kehadiran Dr Aqua. Tidak mudah mendatangkan motivator ulung ini. 

"Kita sore ini bersyukur dan beruntung sekali dengan kehadiran Pak Aqua di sini. Di tengah jadwalnya yang sangat padat termasuk selama pandemi Covid-19, beliau berkenan memenuhi undangan kita," ujar Bayu sambil tersenyum. 

Untuk itu bapak dua anak itu meminta semua jajarannya yang hadir agar menyimak yang disampaikan Dr Aqua. Bayu yakin Sharing Komunikasi dan Motivasi itu sangat bermanfaat buat mereka. 

Sejak pandemi Covid-19 awal Maret 2020 lalu menurut Bayu baru pertama kali dilaksanakan acara "Focus Group Discussion Internal" di BRI Kantor Cabang Mataram. Biasanya rutin dilakukan dua kali dalam setahun. 

Selain itu kegiatannya berbeda dari biasanya. Sengaja mengundang pembicara dari luar untuk memberikan pencerahan kepada para pegawai yang hadir. 

Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi, Dr Aqua Dwipayana pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan para pegawai BRI Cabang Mataram.

Menurut Bayu sengaja memilih topik "Semangat Mengukir Prestasi dan Berkontribusi Aktif untuk Kemajuan Perusahaan" agar seluruh pegawai BRI Cabang Mataram tetap bersemangat menunjukkan kinerja terbaik selama pandemi Covid-19.  

Meski pandemi Covid-19, tambah Bayu seluruh pegawainya yang berjumlah 380 tetap semangat.  

Mereka bertugas di satu kantor Cabang, dua kantor Cabang Pembantu, 16 kantor Unit, dan 13 Teras BRI.  

Sekitar setahun bertugas di Mataram, Bayu bersama jajarannya telah meraih banyak prestasi.  

Diantaranya menjalin kerjasama dengan Polda NTB untuk penyaluran Tunjangan Kinerja 9.100 anggotanya se-NTB.  

Selain itu menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB untuk pengelolaan keuangannya.  

"Kami juga mendapat amanah pembuatan 7.000 kartu mahasiswa baru Universitas Mataram angkatan 2021. Dalam waktu dekat secara bertahap kartunya mulai diserahkan," jelas Bayu.  

Menurut laki-laki yang supel itu pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Sampoerna Ritel Community (SRC) se-NTB. 

Khusus di Mataram sebanyak 300 SRC.  Kemudian kemitraan pelayanan jasa keuangan di lingkungan Kementerian Agama NTB yang memiliki 1.500 pegawai.  

Di samping itu, jelas Bayu, kerjasama pelayanan jasa keuangan dengan beberapa rumah sakit swasta termasuk rumah sakit Islam. 

Juga rumah sakit Universitas Mataram. Di setiap wilayah BRI Unit yang dibawahinya telah dibentuk 20 cluster bisnis mikro. 

Seluruh peserta sangat antusias. Tidak hanya saat Dr Aqua presentasi tetapi juga ketika sesi tanya-jawab. 

Waktu yang terbatas, hanya sampai Magrib, membuat tidak semua pertanyaan bisa diakomodir. 

Agar mereka tidak kecewa, Dr Aqua membagikan nomor telefon genggamnya. Disertai pesan setiap saat mereka dapat mengontak untuk mengajukan pertanyaan dan diskusi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: