Tuai Banyak Kritik Akhirnya BPIP Ganti Tema Lomba Penulisan Artikel, MUI pun Mengapresiasi

Tuai Banyak Kritik Akhirnya BPIP Ganti Tema Lomba Penulisan Artikel, MUI pun Mengapresiasi

Radartasik.com, JAKARTA — Setelah menuai banyak kritik dan kecaman, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akhirnya mengganti tema lomba penulisan artikel yang mereka gelar.

Dua tema yang sebelumnya berbunyi 'Hormat Bendera Menurut Hukum Islam' dan 'Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam'. Kemudian diganti dengan tema 'Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan' dan “Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh”.

“Tema lomba yang dimaksud merupakan perubahan dan/atau pengganti dari tema yakni: Hormat Bendera Menurut Hukum Islam sebelumnya; dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam,” kata Sekretaris Utama BPIP Karjono dalam keterangannya Senin (16/08/2021).

Karjono mengapresiasi keaktifan masyarakat dan tokoh-tokoh agama dalam mengkritik BPIP. “Kami keluarga besar BPIP merasa senang sebagai lembaga baru yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh yang telah memberikan komentar, masukan dan sarannya,” ujar dia.

Selain itu, Karjono mengatakan belakangan ini juga menyelenggarakan berbagai macam jenis lomba untuk Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 76. Hal itu sebagai upaya mengarusutamakan Pancasila dalam pengamalan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebelumnya, dua tema awal terkait Hormat Bendera Menurut Hukum Islam' dan 'Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam' mendapat kecaman dari sejumlah pihak termasuk dari Muhammadiyah. Sebab tema itu menilai ummat Islam dan mempertentang Islam dan Pancasila. 

Sementara itu, Ketua Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Cholil Nafis mengapresiasi langkah Badan Pembina Ideologi Pancasila atau BPIP yang telah mengganti tema lomba penulisan artikel yang dinilai telah lingkungan Islam.

“Saya terima kasih atas sikap BPIP yang mau mendengar aspirasi publik. Usul judulnya “Implementasi Cinta Tanah Air dalam Menanggulangi Covid-19,” tulis Cholil Nafis di Twitter-nya, Senin (16/08/2021).

Cholil Nafis mengusulkan agar BPIP sebaiknya fokus pada program pemerintah dalam peneguhan NKRI dan semangat persatuan. “Fokuskan program kerja pd peneguhan NKRI dan persatuan bangsa berdasarkan Pancasila,” ujarnya. (dal/sirip)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: