Petugas Gabungan Kesulitan Evakuasi ODGJ di RPS

Petugas Gabungan Kesulitan Evakuasi ODGJ di RPS

radartasik.com, BANJAR - Dikhawatirkan mengganggu keamanan dan ketertiban umum, anggota Satpol PP Kota Banjar dibantu petugas gabungan melakukan evakuasi perempuan yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Perlindungan Sosial (RSP), Kamis (12/08/21).

Petugas berusaha membujuk orang tersebut untuk keluar dari kamar. Namun, yang bersangkutan mengunci dari dalam, sehingga menyulitkan petugas yang hendak mengevakuasi.

Yang bersangkutan terus menerus berteriak-teriak tanpa arah, sambil menyebutkan semua nama-nama yang dihafalnya. Termasuk sambil membaca ayat suci Al Quran. 

"Itu ODGJ yang kita amankan kemarin malam sedang lagi di Tamkot Lapang Bhakti. Perempuan usia sekitar 40 tahunan," kata Kabid Trantibmas Dinas Satpol PP Kota Banjar Nasrudin kepada wartawan. 

Menurut dia, saat dievakuasi semalam pun agak sulit sebelum dibujuk oleh anggota Polsek Banjar. "Hanya oleh anggota Polsek, ODGJ itu mau dibawa ke RSP agar tidak mengganggu warga," ujarnya. 

Kata dia, saat ini pihaknya pun agak kesulitan mengevakuasi yang bersangkutan. Meski sudah dibujuk oleh anggota kepolisian, Satpol PP dan petugas selter. 

"Ini juga kita sedang berusaha membujuk yang bersangkutan agar mau membuka pintu kamar," 

KadinsosP2A Suryamah SH mengaku pihaknya mendapat kiriman dari relawan ODGJ dan Satpol PP, sehingga diarahkan agar dibawa ke RPS untuk sementara.

"Siang ini sedang dibujuk agar yang bersangkutan mau dibawa ke RSUD untuk diperiksa," jelasnya, didampingi Kabid Rehsos Kokom Komala. (anto sugiarto/radartasik.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: