BNI Banjar Percepat Pencairan BPNT Eksisting dan Parluasan KPM Melalui BNI Agen46

BNI Banjar Percepat Pencairan BPNT Eksisting dan Parluasan KPM Melalui BNI Agen46

radartasik.com, BANJAR - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Cabang Banjar berupaya mempercepat penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Tahap VII VIII IX kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan mengoptimalkan peran Agen 46 BNI yang tersebar di seluruh wilayah Kota Banjar.

Langkah percepatan ini merupakan upaya mendukung program pemerintah terkait upaya percepatan penyaluran Bansos, baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemimpin Bank BNI Cabang Banjar mengatakan Rudi Alfatah mengatakan, ada sebanyak 5.134  KPM tambahan yang menerima BPNT sehingga total KPM yang menerima program sembako atau BPNT melalui BNI sebanyak 13.675 KPM. 

BNI merupakan salah satu bank penyalur program PKH dan BPNT sejak tahun 2017.
Peran Agen 46 BNI sangat krusial untuk mempercepat tingkat inklusi literasi keuangan masyarakat, agar semakin banyak orang mengakses lembaga jasa keuangan. 

Pada masa pandemi peran Agen 46 BNI justru semakin krusial, karena selain sebagai agen literasi dan inklusi keuangan juga berfungsi sebagai ujung tombak penyaluran BPNT atau program sembako dari pemerintah.

“Penyaluran akan dilakukan secepatnya sejak bulan Juli 2021 ini untuk mendukung penyaluran bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat melalui BNI Agen46 untuk pencairannya. Saat ini total ada 13.675 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Banjar, di antaranya 8.541 merupakan KPM eksisting, dan perluasan baru sebanyak 5.134 KPM,” ujar Rudi Alfatah di E-Warong Mekarwangi, Raharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan, BNI Cabang Banjar  menyalurkan kepada 13.675 KPM dengan wilayah kerja Kota Banjar Penyaluran ini katanya, didukung oleh BNI Agen46 yang tersebar di empat kecamatan di Kota Banjar ini.

“Semoga berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat buat masyarakat Banjar, untuk perluasan totalnya sebanyak 5.134 KPM,” kata Rudi.

Sebelumnya, BNI telah menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten atau Kota, Dinas Sosial, Satuan Tugas Covid, Aparat Keamanan, hingga Pendamping Bansos.

Kementerian Sosial RI telah memberikan tugas kepada BN di seluruh Indonesia untuk menyalurkan Program Sembako kepada 5,7 Juta KPM dengan total dana sebesar Rp 9,46 triliun.


BNI juga ditugasi untuk menyalurkan Bansos PKH kepada 4,1 Juta KPM dengan total dana sebesar Rp 7,05 triliun, dan KPM penerima bantuan tersebut tersebar di 108 Kota dan Kabupaten.

“Ini merupakan inovasi untuk memperkuat layanan dengan mengedepankan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di seluruh aktivitas operasional melalui berbagai channel baik layanan melalui transaksi di Outlet BNI maupun layanan e-Banking untuk kebutuhan transaksi masyarakat, pemerintah, pelaku usaha dan investor. Salah satunya BNI perkuat agen-agen branchless banking atau yang disebut Agen46 BNI untuk penyaluran Bantuan Sosial di wilayah Kota Banjar,” ujarnya. 

(cecep herdi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: