TNI AU Buka Penerimaan Bintara Pria Gelombang II, Ini Persyaratannya..

TNI AU Buka Penerimaan Bintara Pria Gelombang II, Ini Persyaratannya..

radartasik.com, KOTA TASIK — Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuka kesempatan bagi para putra terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi Bintara Angkatan Udara (AU) gelombang II tahun 2021. 

Pendaftarn PK Pria ini dilakukan secara online di website http://diajurit.tni-au.mil.id

Komandan Pangkalan TNI AU Wiriadinata (Danlanud) Letkol Nav Djoko Purnomo membenarkan pembukaan penerimaan Bintara PK pria ini.

Kata dia, pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan 31 Agustus 2021, dan pendaftaran ulang dilakukan di Dinas Personalia Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya dengan menghubungi telepon 0265-333653 pesawat 23.

“Lalu serahkan fotokopi berkas masing-masing 2 lembar. Dibuka setiap hari kerja (Senin-Jumat) dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB," ujar Djoko kepada wartawan, Rabu (28/07/21) siang.

“Persyaratan fotokopi itu adalah ijazah sesuai persyaratan yang sudah dilegalisasi, KTP diri dan orang tua, surat keterangan dari kepala sekolah bagi yang masih bersekolah pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar,” sambungnya.

Sedangkan syarat-syarat lainnya dibagi dua. Ada yang umum dan khusus. Untuk yang umum syaratnya adalah warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Lalu berumur minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidkan (Minggu ke-I Desember 2021).

“Kemudian tak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh pihak Kepolisian, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Serta lulus pendidina pertama untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit,” terangnya.

Sedangkan persyaratan khusus, jelas Djoko, untuk bintara PK pria berijazah SMA/MA IPA, SMK bidang Teknologi dan Rekayasa (kecuali teknik perkapalan, teknik tekstil, teknik grafika, geologi pertambangan, instrumentasi industri dan pelayaran).

“Lalu bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, bidang Kesehatan (kecuali Perawatan Sosial, Farmasi dan Farmasi Industri), bidang Bisnis dan Manajemen (kecuali Keahlian Tata Niaga) dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMK/MA/SMK dan lain sebagainya,” jelasna.

Sedangkan untuk tingi badang, pungkas Djoko, sekurang-kurangnya bagi calon Bintara PK Pria adalah 163 centimeter, dengan badan seimbang atau ideal menurut ketentuan yang berlaku. 

“Serta bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan Dinas Pertama selama 7 tahun (bermaterai),” pungkasnya. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: