61 Ribu Warga Kota Tasik Terima Beras Bantuan

61 Ribu Warga Kota Tasik Terima Beras Bantuan

radartasik.com, BUNGURSARI — Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf meminta penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat dikebut. Supaya dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, warga terdampak dan kurang mampu bisa tercukupi kebutuhannya sehari-hari.


Hal itu diungkapkan saat peA­luncurA­an bantuan beras PPKM 2021 di halaman Bale Kota Tasikmalaya, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu, berupa 5 1.720 kilogram beras dari Perum Bulog yang diangkut menggunakan armada 2 truk dan 2 mobil box.

Disalurkan melalui PT Pos terhadap masyarakat penerima di Kecamatan Bungursari. “Kita harap ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, serta PPKM yang sedang berjalan ini. Ini secara bertahap disebar ke berbagai kecamatan, diawali di Bungursari,” harap Yusuf disela pelepasan pendistribusian bantuan, Senin (26/7/2021).

Ia mengakui pembatasan yang berjalan sejak PPKM Darurat pada 3 Juli sampai dengan perpanjangan PPKM level 4. Tentu menggerus segala sektor ekonomi di tengah masyarakat. Namun, bukan berarti pemerintah pusat tidak memikirkan solusi ketika warga kecil yang terdampak tidak lantas diperhatikan.

“Di samping kita juga ada bantuan-bantuan seperti sembako bagi warga yang tidak bisa berusaha karena menjalani isolasi mandiri, kita juga meminta warga sekitar responsif dan perhatian ketika ada tetangganya sakit dan perlu bantuan untuk segera berkoordinasi dengan satgas setempat atau dinas sosial,” paparnya menjelaskan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Nana SIP mengatakan beras bantuan dari pusat itu, akan dibagikan kepada 61.348 keluarga penerima manfaat (KPM).

Terdiri dari 49.751 penerima Program Keluarga Harapan (PKH) serta 11.597 penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang tersebar di 10 kecamatan.

“Setelah launching tadi, hari pertama kami memonitor pendistribusian yang dilaksanakan PT Pos terhadap warga di Bungursari, besok rencananya menyusul Kecamatan Cipedes dan Cibeureum,” kata dia.

Dia mengungkapkan bantuan tersebut hanya satu kali saja, sebagai asupan bahan pokok bagi masyarakat yang terdampak PPKM beberapa waktu ini. Pihaknya memastikan beras yang diterima masyarakat terdistribusikan dengan baik, mengingat tidak hanya dimonitor dinasnya saja.

“Bahkan kita juga melibatkan Pendamping PKH serta Karang Taruna dalam memastikan bantuan ini tepat sampai ke masyarakat, masing-masing sebanyak 10 kilogram,” ujarnya.

Nana menambahkan rencananya pendistribusian tersebut dilakukan secara maraton ke seluruh kecamatan. Sebab, pemerintah pusat pun menekankan agar bantuan ini bisa secepatnya diterima masyarakat disaat PPKM di Kota Resik sendiri mengalami perpanjangan. “Semoga realisasinya bisa cepat, meski penjadwalannya bukan kewenangan kami,” kata dia. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: