Presiden Minta Aparat Saat Tertibkan Pedagang dan Warga Sambil Bawa Bansos

Presiden Minta Aparat Saat Tertibkan Pedagang dan Warga Sambil Bawa Bansos

Radartasik.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara tegas meminta agar penertiban yang dilakukan aparat dalam rangka PPKM Darurat Jawa dan Bali dilaksanakan dengan hati-hati. Presiden tak ingin ada tindakan arogansi yang dilakukan aparat justru memperkeruh suasana pandemi.

Seperti diketahui, dalam penanganan dan pengendalian kasus penularan Covid-19, pemerintah menggunakan pembatasan mobilitas. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali kericuhan yang terjadi karena cara aparatur negara bersikap dalam mengatur jalannya kebijakan PPKM Darurat.


“Peristiwa-peristiwa Satpol PP memukul pemilik warung apalagi ibu-ibu, untuk rakyat ini memanaskan suasana,” ujarnya secara virtual, Sabtu (17/07/2021).


Mantan Wali Kota Surakarta itupun meminta agar saat melakukan pembatasan dan penyekatan, aparat juga sembari memberikan bantuan sosial (bansos) misalnya beras. “Sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan, sambil bagi beras malah bisa sampai pesannya,” imbuhnya.


Jokowi meminta kepada pihak kepolisian maupun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk memberikan instruksi di setiap daerah untuk bersikap tegas dan santun dalam tata pelaksanaannya. “Saya minta pada Polri dan nanti Mendagri pada daerah agar jangan keras dan kasar. Tegas dan santun,” tegasnya.


“Hati-hati dalam menurunkan mobilitas indeks penyekatan dan penanganan pada masyarakat, Pedagang Kaki Lima (PKL), pedagang toko,” pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: