Sancho Ikuti Rashford, Tulis Surat Terbuka, Begini Isinya

Sancho Ikuti Rashford, Tulis Surat Terbuka, Begini Isinya

Radartasik.com, JAKARTA — Striker Tim Nasional Inggris Jadon Sancho mengikuti jejak seniornya, Marcus Rashford. Ia menulis surat terbuka usai kegagalan negaranya meraih juara Euro 2020 di Wembley.

Dalam suratnya, pemain Manchester United yang baru didatangkan dari Borussia Dortmund ini meminta maaf. Dirinya tidak kaget menjadi serangan rasis pendukung Inggris.

Bersama dengan Rashford dan Bukayo Saka, Sancho gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Sepakan Sancho berhasil ditepis Gianluigi Donnarumma.

Kegagalan itu membuat sebagian fans Inggris kecewa dan marah. Kebetulan, tiga pemain yang gagal berkulit hitam. Mereka pun menjadi sasaran rasis.

”Saya tidak akan berpura-pura tidak melihat serangan rasial yang saya alami bersama dua saudara saya Marcus dan Bukayo selepas pertandingan, tapi sayangnya ini bukanlah hal baru,” tulis Sancho dalam surat terbuka di akun media sosialnya, Rabu (14/07/2021).

”Sebagai masyarakat kita harus bisa melakukan lebih baik dari ini dan memastikan para pelakunya dimintai tanggung jawab,” ujarnya dalam tulisan yang sama.

Sancho juga mengajak semua generasi muda yang pernah mengalami tindakan serupa tidak berkecil hati. Ia juga mengungkapkan kebanggaannya atas sepak bola Inggris.

”Kebencian tidak akan pernah menang. Bagi anak muda yang pernah mengalami serangan serupa, tegakkan kepala kalian dan teruslah mengejar mimpi,” tulisnya.

”Saya bangga dengan Timnas Inggris ini dan bagaimana kami menyatukan seluruh negeri di tengah situasi sulit yang dialami orang-orang selama 18 bulan terakhir,” tukasnya.

Tindakan rasisme tak hanya vandalisme melalui pesan sosial media. Mural Rashford di Manchester juga menjadi sasaran, sebelum akhirnya masyarakat menutup pesan-pesan rasis itu dengan dukungan.

Inggris memang konsisten melawan rasisme di sepak bola. Mereka selalu melalukan gestur berlutut jelang sepak mula dalam setiap pertandingan Euro 2020.

Namun, tak jarang pula aksi ini mendapat cemoohan dari sebagian pendukung Three Lions. (pa/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: