Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah Jadi Tempat Isolasi Warga Positif Covid-19

Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah Jadi Tempat Isolasi Warga Positif Covid-19

KABUPATEN TASIK — Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah Polres Tasikmalaya Kota disulap menjadi ruang isolasi bagi warga yang terpapar covid-19 dengan gejala. 

Hal ini dilakukan karena jumlah warga yang terkonfirmasi positif kasus Covid-19 di Rajapolah terus meningkat, dan ruang perawatan pasien Covid-19 di Puskesmas penuh.

Pasien positif Covid-19 tersebut dievakuasi Satgas Covid dari rumah tinggalnya dan langsung dibawa mobil ambulance Puskesmas Rajapolah dibawa ke Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah untuk menjalani isolasi mandiri. 

Dengan pengawasan petugas medis Puskesmas, di dalam ruangan Rumah Dinas Kapolsek itu sudah disiapkan sejumlah tabung oksigen, dan sejumlah pelbet atau matras untuk tidur pasien.

Selain itu, tersedia juga peralatan infus dan peralatan medis lainnya. 

Di dalam ruangan itu seorang pasien terkonfirmasi positif Covid terbaring lemas dengan bagian tangan yang terpasang selang infus. 

Meskipun Rumah Dinas Kapolsek Rajapolah dijadikan ruang isolasi, namun pelayanan bagi masyarakat tetap berjalan seperti biasa. 

Karena lokasi rumah dinas dengan kantor Polsek Rajapolah cukup jauh, sehingga masih aman. 

Sementara itu untuk tenaga medis yang melayani pasien yang isolasi mandiri ini melibatkan tim medis dari Satgas Covid-19 Kecamatan Rajapolah, relawan BPBD dan unsur TNI-Polri. 

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Doni Hermawan mengatakan, meninggkatnya kasus positif Covid di Rajapolah serta semua ruang isolasi di Puskesmas Rajapolah dan Rumah Sakit Daerah SMC penuh, akhirnya rumah dinas Kapolsek dijadikan ruang isolasi.

“Jadi khusus di Rajapolah ada permasalahan tentang ketersediaan ruang perawatan khususnya yang isolasi bergejala. Jadi ada satu warga terkonfirmasi positif kemarin dan mengalami gejala batuk serta sakit kepala,” ujarnya kepada radartasik.com, Jumat (09/07/21) siang.

“Tapi karena ruang perawatan di puskesmas terbatas sedangkan tempat itu sudah terisi sehingga ada kesulitan dari warga yang positif ini untuk diisolasi. Karena tak memungkinkan jika diisolasi di rumahnya. Sehingga Pak Kapolsek atas saran dan masukan petunjuk kita, disiapkan rumah dinasnya digunakan untuk isolasi,” sambungnya.

Sementara itu berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Rajapolah hingga siang ini tercatat total kasus terkonfirmasi positif Covid jumlahnya sebanyak 544 kasus, dengan kasus sembuh sebanyak 351 orang, kasus aktif sebanyak 161 orang, dan kasus meninggal sebanyak 32 orang. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: