Ratusan Karyawan Pabrik Kayu di Kota Banjar Terpapar Covid-19, Harus Segera Ada Tindakan..!

Ratusan Karyawan Pabrik Kayu di Kota Banjar Terpapar Covid-19, Harus Segera Ada Tindakan..!

radartasik.com, BANJAR - Ratusan karyawan pabrik kayu PT BKS di Kota Banjar, terpapar Covid-19. 

Hal itu berdasarkan hasil tes antigen dan swab test PCR terhadap 1.550 orang karyawan yang dilakukan secara bertahap. 

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, H Agus Nugraha membenarkan hal itu. 

Pihaknya mendapat laporan dari Satgas Kecamatan Banjar setelah berkoordinasi dengan Puskesmas Banjar 2. 

"Sebenarnya ini sangat riskan sekali dan membahayakan karyawan lainnya jika tidak dilakukan tindakan preventif. Apalagi jumlahnya cukup banyak seratusan lebih," kata dia kepada wartawan, Selasa (06/07/21). 

Pihaknya, kata dia, tidak bisa melakukan penutupan sementara pabrik tersebut karena merupakan perusahaan ekspor. Dan jika dilakukan penutupan nantinya akan berdampak pada ekonomi. 

Maka, tegas dia, Satgas Penanganan Covid-19 akan memanggil perwakilan perusahaan untuk memberikan pemodelan dan keputusan yang terbaik seperti apa. 

Sehingga dibutuhkan penanganan bersama agar karyawan yang lain tidak sampai semua terpapar Covid-19. 

"Mudah-mudahan setelah pemanggilan ada titik temu seperti apa. Sekarang yang positif isolasi mandiri dan yang tidak masih bekerja seperti biasa," ucapnya. 

Diakuinya, karyawan yang bekerja di pabrik tersebut kebanyakan dari luar Kota Banjar. Warga Kota Banjar yang terpapar Covid-19 tidak terlalu banyak. 

Kepala Puskesmas Banjar 2, Siti Mariani menambahkan, berdasarkan laporan pemeriksaan tahap pertama terhadap 900 karyawan pabrik didapat 88 orang yang positif antigen. 

"Lalu dalam pemeriksaan tahap kedua terhadap 650 orang, didapat 36 yang positif antigen. Jadi total 124 orang," ucapnya. 

Lanjut dia, kemudian dilakukan swab test PCR terhadap 29 orang yang disinyalir kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. Maka didapat 23 orang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Ketua KSPI Kota Banjar, Yogi Indryjadi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan persatuan buruh disana. 

Ada ratusan karyawan pabrik kayu PT BKS yang terpapar Covid-19. "Melihat kondisi saat ini, pihak perusahaan harus mementingkan kemanusiaan dan kesehatan karyawan (buruh). Bagaimana pun mereka adalah mitra," ujarnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: