Euro 2020: Italia Ditunggu Spanyol, Pemain Terbaik Cedera Parah

Euro 2020: Italia Ditunggu Spanyol, Pemain Terbaik Cedera Parah

Radartasik.com, JAKARTA — Tim Nasional Italia melangkah ke semifinal usai melumat Belgia dengan skor 2-1 di Allianz Arena, Muenchen, Sabtu (03/07/2021) dini hari WIB.

Pada laga semifinal nanti, Italia sudah ditunggu Spanyol. Tim Matador sendiri lolos ke semifinal setelah menaklukan Swiss lewat drama adu penalti, setelah pada waktu normal plus perpanjangan 2x15 skor masih imbang 1-1.

Italia membuka skor pada menit ke-31 lewat Nicolo Barella. Sekitar 13 menit kemudian oleh Lorenzo Insigne. Namun diperkecil oleh Romelu Lukaku dari tendangan penalti yang juga terjadi pada babak pertama.

Leonardo Bonucci sempat merobek gawang Belgia pada menit ke-13 setelah meneruskan sebuah tendangan bebas. Namun review video assistant referee (VAR) menganulir gol itu karena sang pemain offside.

Italia memecahkan kebuntuan pada menit ke-31 ketika Barella meneruskan umpan Marco Verratti dengan mengelabui Thorgan Hazard sebelum melepaskan tendangan kencang yang tak bisa dicegah penjaga gawang Thibaut Courtois.

Courtois kembali harus memungut bola dari dalam gawang pada menit ke-44 ketika gerakan indah dari Insigne di luar kotak penalti Belgia diakhiri dengan tendangan keras diagonal yang sulit dijangkau oleh kiper nomor satu Belgia itu.

Italia hampir saja menuntaskan laga tersebut dengan kedudukan 2-0 namun bek Giovanni Di Lorenzo dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jeremy Doku di dalam kotak penalti Azzurri.

Setelah tinjauan VAR, wasit memastikan itu penalti dan Lukaku sukses menjadi algojo tendangan penalti dengan menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Italia bahkan nyaris menciptakan gol ketiga pada menit ke-66 ketika Leonardo Spinazzola. Sudah tepat menyambut bola, dia tak bisa mengarahkan bola tepat ke sasarannya.

Setelah itu, Belgia mati-matian menyamakan kedudukan tapi tak kunjung bisa menjebol gawang Italia karena Gli Azzurri menutup ruang mereka dalam mengancam pertahanan Italia.

Italia yang dominan pada babak pertama dengan 55 persen penguasaan bola. Sembilan upaya gol yang empat di antaranya tepat sasaran. Mereka kembali mendominasi babak kedua.

Total Gli Azzurri melepaskan 14 percobaan tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Belgia mengirimkan 9 upaya yang juga tiga di antaranya tepat sasaran.

Spinazzola Cedera Parah

Kemenangan Italia atas Belgia pada babak perempat final Euro 2020, harus dibayar mahal dengan cederanya Leonardo Spinazzola.

Spinazzola cedera parah dan harus keluar lapangan pada menit ke-79.

Besar kemungkinan, Spinazzola akan absen membela Italia pada semifinal melawan Spanyol. Bahkan, bek sayap AS Roma ini bisa absen panjang.

Dikutip dari Sky Italia, Spinazzola disebut mengalami cedera achilles tendon yang masa pemulihannya memakan waktu setahun.

Minimal pemulihan cedera ini empat bulan tapi karena ada ligamen yang putus di kaki Spinazzola, maka absennya akan lebih lama.

Ini jelas menjadi kerugian bagi Italia. Gli Azzurri tampil bagus di Euro 2020 termasuk ada andil dari Spinazzola.

Dia terpilih menjadi man of the match dua kali dan menciptakan dua assist. (lan/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: