Di Persija, Alessio Diprediksi Tiru Formasi Conte

Di Persija, Alessio Diprediksi Tiru Formasi Conte

Radartasik.com, JAKARTA — Pelatih Persija Jakarta Angelo Alessio diprediksi menerapkan formasi 3-5-2. Formasi ini sering digunakan mantan pelatih Inter Milan Antonio Conte.

Kenapa mengadopsi kebiasaan Conte? Angelo merupakan mantan asisten Conte, baik itu di Siena, Juventus, Tim Nasional Italia maupun saat di Chelsea.

Pola 3-5-2 merupakan ciri khas Conte. Saat mengantarkan Inter meraih scudetto musim 2020/2021, Conte juga menggunakan formasi tersebut.

Konsep formasi 3-5-2 ala Antonio Conte itu dapat bertransformasi secara fleksibel di lapangan menjadi 5-3-2 saat tim sedang bertahan.

Ketika menyerang, dua bek sayap maju sebagai pengganti sayap dan memakai dua striker. Di lini tengah ada gelandang serang, gelandang box-to-box, dan gelandang bertahan.

Jika meniru Conte, maka umpan-umpan pendeklah yang menjadi cirinya. Tapi, Conte juga menerapkan bola-bola panjang dengan sedikit sentuhan.

Namun, pertahanan dari 3-5-2 memang menjadi kuncinya. Tapi jika menyerang, para pemain harus langsung agresif dan dengan cepat memenangkan kembali bola dengan cepat.

Saat ini komposisi Persija dengan 3-5-2 tampaknya lini belakang bakal diisi oleh Marco Motta yang berpengalaman. Lalu ada Tony Sucipto, Novri Setiawam dan Alfath Fathier di wing back.

Di lini tengah, Rohit Chand menjadi pemain multifungsi. Sepeninggal Marc Klok, Persija harus mencari gelandang pendamping yang berkualitas.

Sayangnya, jika 3-5-2, pemain seperti Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak bisa kehilangan tempat. Formasi itu menuntut bek sayap menggantikan peran mereka saat menyerang.

Tapi tenang, Angelo Alessio tidak bermain dengan 3-5-2. Menurut Transfermarkt, dia biasa bermain dengan empat bek (4-3-3, 4-2-3-1, 4-4-1-1, dan 4-4-2) dengan konsep permainan lebih ofensif. Mungkin yang pas untuk Persija. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: