Euro 2020: Inggris vs Jerman: Sejarah Panjang Sepak Bola

Euro 2020: Inggris vs Jerman: Sejarah Panjang Sepak Bola

Radartasik.com, LONDON — Babak 16 Besar Euro 2020 malam hingga dini hari nanti (Selasa-Rabu, 29-30 Juni 2021) sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mengapa?
 
Pada pukul 23.00 akan tersaji pertandingan big match antara Inggris kontra Jerman di Wembley Stadium. Penonton yang hadir pun diizinkan hingga 45 ribu orang.
 
Baik, Jerman maupun Inggris memang sama-sama belum menunjukkan performa terbaiknya sepanjang fase grup.
 
The Three Lions –julukan Timnas Inggris– hanya mencatatkan dua gol dalam tiga laga babak grup yang dijalani.
 
Penyerang andalan mereka Harry Kane belum menunjukkan tajinya di kompetisi ini.
 
Setali tiga uang dengan Inggris, Der Panzer –julukan Timnas Jerman– malah hampir tereliminasi di babak grup usai nyaris kalah dari Hungaria pada laga terakhir fase grup.
 
Beruntung, skuad asuhan Joachim Loew bisa mengamankan hasil imbang berkat gol penyeimbang dari Leon Goretzka di menit ke-84, pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 itu.
 
Namun, mereka punya sejarah panjang dalam perseteruannya. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 32 kali di berbagai kompetisi. Jerman memenangkan 15 laga. Inggris menang 13 kali. Sisanya berakhir sama kuat.
 
Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada 2017. Saat itu, Jerman dan Inggris bermain imbang 0-0. Kedua tim tentu telah mengalami banyak perubahan semenjak laga tersebut, dan perlu membuktikan siapa yang terbaik di laga malam nanti.
 
Wembley bukan tempat yang asing bagi kedua tim karena stadion tersebut telah 12 kali jadi saksi pertarungan dua raksasa Eropa itu.
 
Jerman tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka melawan Inggris di Wembley.
 
Tapi, Wembley punya memori buruk bagi Der Panzer saat mereka dikalahkan Inggris dengan skor 4-2 pada final Piala Dunia 1966.
 
Tim Inggris yang tidak pernah memenangi laga fase gugur Euro dalam waktu 90 menit, bertekad memperbaiki catatan buruknya itu saat menghadapi Jerman.
 
The Three Lions juga kalah tiga kali dari empat pertandingan fase gugur yang berlanjut hingga adu penalti.
 
Hal ini yang perlu diwaspadai pasukan Gareth Southgate.
 
Gelandang Jerman Ilkay Gundogan telah mencetak gol di Wembley bersama Borussia Dortmund dan Manchester City.
 
Dia bisa jadi pemain kedua Jerman setelah Per Mertesacker yang mencetak gol di Wembley bersama Jerman dan klubnya jika dia bikin gol malam nanti.
 
Timnas Jerman juga selalu kebobolan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di kompetisi besar.
 
Inilah yang perlu diperbaiki Thomas Muller dan kolega jika mereka ingin lolos ke perempat final Euro 2020.
 
Mantan pemain Timnas Inggris Gary Neville mengatakan pertandingan melawan Jerman di Wembley harus membangkitkan semangat pasukan Gareth Southgate.
 
Neville menyebut kesempatan ini sebagai momen nasional penting yang seharusnya dapat menginspirasi para pemain Inggris untuk menciptakan kemenangan bersejarah.
 
”Bermain dengan Jerman di turnamen kandang, di stadion sendiri, di depan 45 ribu penggemar, itu akan menjadi momen spesial,” kata mantan bek Manchester United itu, dikutip dari Sky Sports, Senin (28/06/2021).
 
Menurutnya, para pemain The Three Lions tidak bisa memiliki momen seperti ini lagi dalam karier internasional mereka karena Inggris belum tentu berkesempatan menjadi tuan rumah kompetisi Euro dalam lima atau sepuluh tahun mendatang.
 
”Untuk orang seperti Harry Kane dan Raheem Sterling, tidak ada kesempatan kedua,” imbuh legenda Old Trafford itu. (lan/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: