Swedia Tuntut Kompensasi Dari UE Atas Bantuan Ke Ukraina

Swedia Tuntut Kompensasi Dari UE Atas Bantuan Ke Ukraina

Radartasik, Swedia dikabarkan sedang mencari kompensasi dari Uni Eropa untuk peralatan militer yang telah dikirim ke Ukraina menurut Radio Swedia.

Stockholm menyetujui pengiriman pasokan militer ke Ukraina selama dua bulan terakhir.

Pada akhir Februari memberi lampu hijau pengiriman sekitar 135.000 ransum lapangan, 5.000 helm dan 5.000 potong pelindung tubuh, serta sekitar 5.000 peluncur granat Pansarskott 86 anti-tank yang ditembakkan dari bahu.

Di Akhir Maret, negara itu menyetujui pengiriman 5.000 senjata anti-tank lebih lanjut serta peralatan de-mining. Kedua item itu memiliki perkiraan biaya masing-masing 413 juta kroner ($ 43,5 juta) dan 205 juta kroner ($ 21,7 juta).

Sekarang Awedia mencari kompensasi dari Uni Eropa untuk pengirimannya, meminta 95 juta kroner ($ 10 juta) untuk 5.000 helm saja.

Namun Stockholm tidak mungkin mendapat untung dari pengiriman Ukraina jika benar-benar berhasil menerima kompensasi dari UE. Sebaliknya jika terus mendukung Kiev kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak biaya, saran stasiun radio itu.

Beberapa negara Eropa telah menjanjikan dukungan mereka untuk Kiev dengan mengirimkan persenjataan dan berbagai macam peralatan untuk menopang pasukan Ukraina.

Beberapa pemimpin Barat seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell secara terbuka menyatakan bahwa mereka ingin Rusia “dikalahkan” oleh Ukraina di medan perang.

Moskow sendiri telah mendesak negara-negara Barat agar tidak "memompa" Ukraina dengan persenjataan, memperingatkan bahwa itu hanya akan memperpanjang konflik dan menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada Ukraina dan rakyatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today