Lancarkan Irigasi Cikunten, TNI, Polri dan Warga Lakukan Ini

Lancarkan Irigasi Cikunten, TNI, Polri dan Warga Lakukan Ini

RADARTASIK.COM, MANGKUBUMI — Aparat dan masyarakat bergotong royong mengeruk Sungai Cikunten di Kampung Jalan Cagak Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi, Kamis (17/6/2021). Hal tersebut sebagai upaya melancarkan pengairan bagi lahan pertanian.


Gotong Royong tersebut diinisiasi oleh Brigif Raider 13/Galuh Kostrad melalui program Karya Bakti. Pihaknya menggaet jajaran Polres Tasikmalaya Kota, Kodim 0612, Lanud Wiriadinata, BPBD, Satpol PP, PPM, Resimen Mahasiswa dan masyarakat sekitar.

WS Pasiter Brigif Raider 13/Galuh Kostad Letda Inf Subagiyo Adi Surianto menjelaskan tahun ini Karya Bakti dilaksanakan dengan pembangunan non fisik. Pada intinya, pihaknya ingin membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. “Di sini kita bantu masyarakat khususnya para petani,” ujarnya.

Dari informasi yang masuk ke Brigif, Sungai Cikunten tersebut sudah mengalami pendangkalan. hal itu karena banyaknya sedimen tanah atau lumpur di dasar sungai. “Makanya kami bersama-sama melakukan pengerukan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, ketersediaan air sangat berperan penting dalam berbagai hal termasuk pertanian. Jika pengairan pada lahan di area tersebut terhambat, tentunya akan merugikan petani. “Kalau pengairan buruk, hasil pertaniannya pun tidak maksimal dan itu berpengaruh pada ekonomi petani,” jelasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga penggarap sawah, H Karso (60), mengatakan ada sekitar 67 hektare sawah di kawasan itu. Normalnya, petani bisa melakukan panen sampai 3 kali setahun. “Tapi sudah beberapa tahun hanya bisa dua kali,” ujarnya.

Di samping faktor cuaca dan hama, pengairan juga menjadi penyebabnya. Dia berharap ketika pengairan sudah lebih baik, dia dan para petani lain bisa menghasilkan padi lebih maksimal. “Ya mudah-mudahan bisa tiga kali setahun,” ujarnya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: