Lolos Babak 16 Besar, Skenario yang Sempurna Belanda

Lolos Babak 16 Besar, Skenario yang Sempurna Belanda

RADARTASIK.COM, JAKARTA — Belanda memimpin klasemen sementara Grup C Euro 2020 usai menaklukkan Austria 2-0 di Amsterdam Arena, Jumat (18/06/2021) dini hari WIB.

Kemenangan itu pula yang membuat Tim Oranye memastikan satu tiket ke babak 16 besar atau fase knock out Euro 2020.

Georginio Wijnaldum dan kawan-kawan kini mengoleksi enam poin. Hasil dari dua kali kemenangan.

Sebelumnya, Belanda menang dengan skor tipis 3-2 atas Ukraina pada laga perdananya di Grup C.

Di bawah Belanda, ada Ukraina yang memiliki tiga poin. Mereka dapat poin penuh setelah menekuk Makedonia Utara dengan skor 2-1.

Poin Ukraina ini sejatinya sama dengan Austria, tetapi dari sisi agresivitas, tim polesan Andriy Shevchenko tersebut lebih baik dari pesaingnya. 

Ukraina mencetak empat gol dan kebobolan empat gol. Di sisi lain, Austria baru mencetak tiga gol dan kebobolan tiga gol.

Makedonia Utara jadi juru kunci dan masih nirpoin setelah kalah melulu di dua laga yang dijalaninya.

Ukraina dan Austria yang mengoleksi tiga poin akan saling menjatuhkan di laga terakhir Grup. Di sisi lain, Belanda hanya akan menghadapi Makedonia Utara di laga terakhir. 

Artinya, ada kans bagi Belanda untuk mencoba banyak pemain yang belum tampil, dengan merotasi komposisi pemain di laga terakhirnya di Grup C itu.

Kepastian lolos lebih cepat ke 16 besar ini, menurut gelandang Belanda Frenkie de Jong, sesuai dengan harapan timnya di awal turnamen. 

“Lolosnya kami saat ini merupakan skenario yang sempurna. Memastikan, memimpin klasemen dengan sisa satu laga ke depan,” katanya di situs UEFA. 

Frenkie menilai, dengan kepastian lolos ke 16 besar dan ada satu laga lagi, tentu tekanannya tak akan sama. Kini, tekanan itu berkurang untuk laga terakhir lawan Makedonia Utara.

”Meskipun demikian, kami tetap ingin memenangkan laga tersebut,” tandasnya.

Pertandingan Belanda lawan Makedonia Utara akan digelar pada Senin (21/06/2021) mendatang di Amsterdam Arena, Belanda. (dkk/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: