ASTAGFIRULLAH.. Hari Ini 178 Warga Kota Tasik Positif Covid, Total Kasus Aktif 596 Orang

ASTAGFIRULLAH.. Hari Ini 178 Warga Kota Tasik Positif Covid, Total Kasus Aktif 596 Orang

KOTA TASIK - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Kamis (17/06/21) siang kembali mengalami penambahan. 

Informasi yang radartasik.com himpun, hari ini terjadi penambahan kasus positif Covid sebanyak 178 orang.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasik melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Asep Hendra Hendriana membenarkan adanya lonjakan kasus tersebut. 

"Jadi itu (penambahan 178 kasus positif baru, Red) hasil kontak erat dari pasien positif sebelumnya. Bukan kluster baru ya," ujar Asep kepada wartawan, Kamis sore. 

"Jadi 178 kasus itu adalah kontak erat dari hasil swab PCR minggu lalu dan baru keluar kemarin hasilnya," sambungnya.

Pasalnya, terang dia, pihaknya melakukan uji laboratorium swab PCR tersebut di Bandung. Karena alat PCR di Labkesda Dinkes Kota Tasik ada sedikit trouble dan maintenance alat.

"Jadi itu baru keluar hasilnya Rabu (16/06/21) kemarin dan tayang hari ini. Tapi semuanya itu adalah kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif seminggu lalu," terangnya.

Secara khusus, beber dia, kalau dirata-rata harian sejak beberapa hari ini memang ada lonjakan kasus. Grafiknya kemarin penambahan kasus di angka 30-an, lalu 50-an.

"Ya memang betul merangkak naik jumlahnya. Memang di hari ini dan kemarin pas 4 minggunya pasca libur panjang Lebaran. Lebaran kemarin kan 13-14 Mei," bebernya.

Asep menambahkan, lonjakan kasus ini sudah diprediksi oleh tim-tim ahli pemerintah pusat akan terjadi lonjakan kasus positif sampai akhir Juni. 

"Kalau melihat pola mobilitas masyarakat dan pola pergerakan orang, memang banyak bergerak secara nasional di Mei," tambahnya.

Sehingga, jelas dia, otomatis dengan masa inkubasi 14 hari maka sekarang mulai merangkak naik kasusnya. Selain itu, kenaikan kasus kali ini karena imbas juga dari kerumunan.

"Jadi sementara ini tak ada kluster baru ya, masih kluster keluarga dan kluster perjalanan. Ini rata-rata kalau yang perjalanan itu ayahnya tertular dari luar daerah lalu menular ke keluarganya," jelasnya.

Kalau kasus positif di Kantor Inspektorat tak ada penambahan dan masih 6 kasus. Proses tracingnya sudah selesai dan yang diperiksa 45 orang. 

"Pihak keluarga yang ditracing juga sudah kita arahkan untuk merapat ke Puskesmas-Puskesmas untuk ditest swab. Kantor Inspektorat sekarang sudah buka kembali ya," tandasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: