RADARTASIK.COM – BRILink adalah salah satu inovasi perbankan yang dikembangkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).
BRILink mempermudah akses layanan perbankan bagi masyarakat, terutama yang berada di daerah terpencil atau jauh dari kantor cabang.
Kehadiran BRILink cukup banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya adalah Dwi.
Warga Desa Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Ogan Ilir ini mengaku sering mengandalkan transaksi lewat BRILink.
”Karena agen BRILink mudah di jangkau. Kadang di warung-warung atau di konter HP banyak menyediakan layanan BRILink. Jadi cukup memudahkanlah untuk mendekatkan layanan bank dengan nasabah,” ungkap Dwi.
Melalui program ini, BRI bekerja sama dengan agen-agen lokal yang disebut Agen BRILink. Agen-agen ini dapat melayani berbagai transaksi perbankan secara real-time online menggunakan fitur EDC mini-ATM BRI atau BRILink Mobile.
Ada beberapa Layanan yang dapat dilakukan oleh Agen BRILink. Di antaranya meliputi, transfer uang, tarik tunai, pembayaran tagihan, pembelian pulsa.
”Tidak banyak ATM kalau di desa-desa ini. Lain dengan BRILink ini bisa hadir sampai ke pelosok desa. Masyarakat jadi mudah menjangkau,” sebutnya.
Program BRILink bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan membawa layanan perbankan lebih dekat ke masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau oleh layanan perbankan konvensional.
”Jadi tidak harus repot cari bank atau ATM yang jauh dari desa. Cukup dari BRILink saja sudah sangat membantu untuk tarik tunai maupun transfer,” tukasnya.
Harapannya, dengan hadirnya BRILink makin lengkap memberikan pelayanan yang sama dengan di bank serta menyebarkan banyak agen BRILink di beberapa desa-desa lainnya. (*)