Mengelola Keuangan di Usia 40an, Cara Terhindar dari Krisis Finansial

Minggu 15-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Aisah
Editor : Andriansyah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Memasuki usia 40an, pengelolaan keuangan agar terhindar dari krisis finansial menjadi lebih krusial. 

Pada tahap ini, seseorang diharapkan sudah mencapai kemapanan finansial yang tidak hanya ditentukan oleh besarnya pendapatan, tetapi juga oleh keamanan finansial yang dimiliki. 

Mengelola keuangan di usia 40an memerlukan strategi yang matang agar terhindar dari krisis finansial, untuk menghadapi berbagai kemungkinan masalah finansial. 

Berikut adalah berbagai produk finansial yang dapat membantu mengelola keuangan di usia 40an, yang dapat menjaga keamanan finansial Anda dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Tabungan Kurban, Manfaat dan Cara Mengelolanya, Bikin Ibadah Terasa Lebih Mudah

Jenis-Jenis Tabungan yang Penting

Tabungan Dana Darurat

Tabungan dana darurat adalah salah satu jenis tabungan yang harus dimiliki.

Tabungan ini berfungsi sebagai cadangan untuk kebutuhan mendesak yang tidak terduga. Idealnya, jumlah tabungan dana darurat harus mencakup biaya hidup selama 6 hingga 12 bulan.

Tabungan Sinking Fund

Tabungan sinking fund dirancang untuk mengantisipasi pengeluaran tahunan yang dapat mempengaruhi stabilitas keuangan Anda.

Misalnya, pajak kendaraan, pajak rumah, dan biaya liburan keluarga.

Dengan memiliki tabungan sinking fund, Anda dapat lebih mudah mengatur keuangan dan meminimalkan dampak dari pengeluaran yang tiba-tiba.

BACA JUGA:Bank OCBC NISP Luncurkan Tabungan Emas Digital Mulai Rp10.000 di ONe Mobile, Pertama di Indonesia

Asuransi Kesehatan. Mengapa Asuransi Kesehatan Penting?

Kategori :