Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Gelar NHVSC ke-18, Angkat Potensi Mahasiswa dan Promosi Daerah

Jumat 06-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya sukses menyelenggarakan ajang bergengsi tahunan, NHVSC (National Health Vocational Student Competition), yang kali ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-18. 

Acara tersebut digelar pada Rabu hingga Sabtu, 4-7 September 2024, di dua lokasi utama, yakni Kampus Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya di Jalan Cilolohan dan Jalan Tamansari.

Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Dr Dini Mariani SKep Ns MKep, mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas terselenggaranya NHVSC yang secara konsisten diadakan setiap tahun. 

"Ini merupakan ajang yang sangat kami banggakan. Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya merasa terhormat dapat menjadi tuan rumah acara ini selama bertahun-tahun," ungkap Dr Dini usai opening ceremony NHVSC di Grand Metro Hotel.

BACA JUGA:Infrastruktur Canggih Tersedia di IKN: Air Siap Minum, Transportasi Otonom, dan Smart Home

"Kegiatan ini merupakan buah dari kreativitas dan kerja keras Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan kami sebagai pihak pimpinan serta seluruh jajaran pengelola sangat mendukung penuh pelaksanaan NHVSC," sambungnya.

NHVSC kali ini diikuti lebih dari 168 peserta se-Indonesia yang berasal dari berbagai institusi pendidikan vokasi kesehatan di Indonesia, baik Poltekkes Kemenkes maupun institusi non-Poltekkes. 

Para peserta berasal dari berbagai profesi kesehatan, seperti Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Gigi, Farmasi, Gizi, hingga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, dengan latar belakang pendidikan mulai dari Diploma III hingga Sarjana Terapan.

Menurut Dr Dini, ajang kompetisi ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk menguji dan mengasah pengetahuan serta keterampilan mahasiswa di bidang kesehatan, tetapi juga menjadi wadah untuk menumbuhkan kemampuan bahasa dan meningkatkan soft skills para peserta.

BACA JUGA:Kompetisi Logo Hari Jadi ke-23 Kota Tasikmalaya Kembali Digelar, Ajak Masyarakat Tunjukkan Kreativitas

“NHVSC tidak sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi ruang belajar yang sangat penting bagi para mahasiswa. Mereka diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini untuk terus mengembangkan kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kesehatan yang terus berkembang,” lanjut Dr Dini.

Selain memberikan manfaat akademik bagi mahasiswa, NHVSC juga berperan penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi Kota Tasikmalaya. 

Kedatangan para peserta dan tamu dari seluruh penjuru Indonesia turut memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah, terutama dalam hal pariwisata dan produk lokal. 

"Dengan banyaknya peserta dan tamu yang datang, kita bisa sekaligus memperkenalkan kuliner khas Tasikmalaya, produk-produk kreatif seperti bordir, payung geulis, kelom, serta hasil inovasi warga setempat. Ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri dan membantu menggerakkan ekonomi lokal," terang Dr Dini.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Kuliner Ciamis yang Populer dan Dijamin Lezat

Kategori :