Dukung Pameran Kriyanusa 2024, BRI Dorong UMKM Kerajinan dan Seni Kriya Naik Kelas

Sabtu 31-08-2024,10:33 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kriyanusa yang merupakan pameran kerajinan dan seni kriya berskala nasional kembali hadir dengan mengusung tema ”Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” pada 28 Agustus - 1 September 2024 di Hall A & Hall B, Jakarta Convention Center (JCC).

Diselenggarakan setiap tahun oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda), acara ini merupakan bentuk komitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kriya Indonesia. Acara ini juga dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekomoni dan perluasan pasar kriya Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Wury Ma’ruf Amin yang merupakan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa pameran tersebut mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

”Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa,” katanya.

BACA JUGA: Fakta Menarik Kucing Torbie, Kucing Pembawa Keberuntungan Di Zaman Mesir Kuno

Ia menambahkan Kriyanusa adalah panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Seperti diketahui, Karya Kerajinan Tangan (Kriya) menjadi salah satu aset berharga untuk memenuhi permintaan pasar global akan kerajinan tangan yang khas Indonesia.  Sebanyak ratusan produk milik pengrajin terampil dari seluruh pelosok negeri pun terpajang indah di acara tersebut.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank dengan fokus pada pemberdayaan UMKM di Indonesia mendukung acara tersebut dan turut serta menampilkan produk kriya terbaik dari UMKM binaan di Rumah BUMN BRI.

BRI pun berkesempatan memfasilitasi usaha lokal yang bergerak di bidang kriya tersebut agar semakin dikenal dunia. Sejumlah UMKM binaan hadir memamerkan sejumlah produk, yakni MINIMIZU dan Dannes Teakwood.

BACA JUGA: Pasangan Bacalkada Cecep-Asep Diperiksa 10 Dokter Spesialis dan 40 Tenaga Medis

Pertama, MINIMIZU yang merupakan brand di bidang seni kreatif yang memiliki produk aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini memproduksi produk unik yang menyediakan berbagai macam bentuk model dan design sesuai permintaan konsumen.

Kemudian UMKM kedua, yakni Danesteakwood, produsen kerajinan kayu jati berbasis social enterprise dan green economy yang memanfaatkan limbah kayu jati untuk dijadikan produk homedecor dan housewares. UMKM ini menggunakan kualitas kayu terbaik dan berupaya memberdayakan pengrajin secara luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Terkait dukungan BRI terhadap pameran Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Dekranas merupakan bentuk komitmen nyata BRI dalam memberdayakan UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan UMKM naik kelas hingga pasar global.

”Harapannya dengan adanya event berskala nasional seperti ini akan terus membuka akses dan kesempatan kepada para pelaku UMKM yang ujungnya dapat membuat mereka naik kelas,” ucapnya.

BACA JUGA: Kantor KPU Kabupaten Garut Tetap Dijaga, Pasca Pendaftaran Pilkada

Kategori :