Pilkada Kota Tasikmalaya: Belasan Dokter Periksa Kesehatan Pasangan Bacalkada Selama 2 Hari

Jumat 30-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Rangkaian tahapan Pilkada Kota Tasikmalaya kini memasuki pemeriksaan kesehatan setelah pendaftaran pasangan Bacalkada ditutup KPU tadi malam, Kamis 29 Agustus 2024.

Jumat pagi, 30 Agustus 2024, sebanyak lima pasangan Bacalkada yang telah mendaftar mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soekardjo.

Semua pasangan Bacawalkot dan Bacawawalkot Tasikmalaya sejak pukul 06.00 telah berkumpul di RSUD untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Direktur RSUD dr Soekardjo Budi Tirmadi, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan sesuai dengan keputusan KPU nomor 1060 tahun 2024 tentang petunjuk teknis pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah (Bacalkada).

BACA JUGA:Ujang Endin Indrawan Jadi Ketua DPC Gerindra Kabupaten Pangandaran, Kader Bereaksi

"Pemeriksaan ini mencakup kesehatan jasmani, rohani, dan tes bebas narkotika. Dilakukan selama dua hari, dari 30 hingga 31 Agustus 2024," kata Budi kepada radartasik.com.

Ia menambahkan, seluruh peserta telah diinstruksikan untuk berpuasa sejak malam sebelumnya pukul 22.00 sebagai persiapan.

Pada hari pertama ini, terang dia, pemeriksaan dimulai pukul 07.00 dengan pengambilan sampel darah dan urine. 

"Kemudian dilanjutkan dengan rekam jantung, USG, rontgen dada, serta pemeriksaan oleh dokter spesialis seperti psikiater, penyakit dalam, paru, syaraf, THT, mata, gigi, bedah, dan kebidanan bagi calon perempuan," terang Budi.

BACA JUGA:Yanto Oce dan KH Aminudin Deklarasi Pasangan, Usai Istighosah Langsung Daftar ke KPU Kota Tasikmalaya

Selain itu, ada juga pemeriksaan penunjang seperti tes pendengaran, treadmill, ekokardiografi spesialis jantung, dan MRI. 

Pada hari kedua besok Sabtu, 31 Agustus 2024, akan dilakukan wawancara oleh psikolog untuk evaluasi mendalam kondisi psikologis para calon.

"Sekitar 10 hingga 12 dokter dari RSUD dr. Soekardjo terlibat dalam proses ini, kecuali untuk tes psikologi yang dilakukan oleh psikolog dari luar karena kami belum memiliki tenaga ahli tersebut," beber Budi.

Hasil pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon Pilkada Kota Tasikmalaya ini akan diserahkan kepada KPU setelah rapat pleno yang dijadwalkan pada Sabtu malam. 

BACA JUGA:Viman-Diky Deklarasi Pasangan, Sebelum Daftar ke KPU Lari 60 Kilometer Keliling Kota Tasikmalaya

Kategori :