Korlantas Polri Resmikan Kampung Tertib Lalu Lintas di Kota Tasikmalaya: Membangun Kesadaran Sejak Dini

Jumat 16-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Tim Penilai Kampung Tertib Lalu Lintas dari Korlantas Polri meresmikan Kampung Tertib Lalu Lintas di Perumahan Bumi Asri Dirgantara, Kelurahan Parakanyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jumat 16 Agustus 2024.

Acara peresmian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya tertib lalu lintas sejak dini. 

Ketua Tim Penilai, Kombes Pol Arman Achdiyat, menjelaskan bahwa Kampung Tertib Lalu Lintas bertujuan membangun kesadaran akan pentingnya aturan lalu lintas, mulai dari keluarga hingga ke seluruh masyarakat.

"Saat ini, terdapat 125 Kampung Tertib Lalu Lintas di seluruh Indonesia. Kami berharap, kampung-kampung ini dapat menciptakan budaya tertib lalu lintas yang kuat di masyarakat," ujar Kombes Pol Arman Achdiyat.

BACA JUGA:Majelis Masyayikh dan Pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Tasikmalaya Dukung KH Aminudin Bustomi di Pilkada 2024

Ia juga menekankan pentingnya aturan lalu lintas dalam kehidupan sehari-hari. 

"Lalu lintas adalah urat nadi kehidupan. Dengan adanya kampung tertib ini, diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir," tambahnya.

Camat Indihiang, Nanang Iskandar, menyambut baik inisiatif ini dan berkomitmen mendukung edukasi masyarakat mengenai aturan lalu lintas. 

Menurutnya, keberadaan kampung tertib lalu lintas di Kecamatan Indihiang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas serta memperluas pengetahuan mereka mengenai rambu-rambu dan prasarana lainnya.

BACA JUGA:Bangun Jembatan Gantung, BRI Bantu Mobilitas Warga dan Dorong Ekonomi Masyarakat Desa

"Ini adalah langkah awal, dan kami akan terus mendorong masyarakat untuk saling memberikan edukasi mengenai pentingnya tertib berlalu lintas," tutur Nanang Iskandar.

Pemilihan Kompleks Perumahan Bumi Asri Dirgantara sebagai lokasi Kampung Tertib Lalu Lintas didasarkan pada hasil survei yang menunjukkan bahwa area tersebut layak menjadi contoh. 

Proses pendirian kampung ini melibatkan kerja sama antara Sat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Komunitas Motor Vespa, dan warga setempat dalam memasang rambu-rambu, pengecatan marka jalan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Kategori :