Ini Keseruan Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri Permira 2024

Sabtu 20-07-2024,06:06 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

Sementara Berlian Helmy, Wakil Duta Besar RI untuk Rusia mengungkapkan rasa bangga dengan atas penyelenggaraan acara ini.


Para juri memperhatikan peserta Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri Permira 2024.-Permira-

”Kolaborasi ini berhasil dan akan menjadi contoh, dan kita melakukan live streaming, sehingga menjadi contoh bentuk kolaborasi yang terus terjaga dengan baik antara kolaborasi kampus Kazan Federal University dengan Permira itu akan menjadi contoh untuk PPI-PPI lainnya,” tutur dia.

Dalam rangkaian acara, Festival Nusantara 2024 menghadirkan penampilan-penampilan yang menawan dari mahasiswa Indonesia di Kazan (Permikaz) seperti pencak silat, tarian dari Ambon, pembacaan puisi, solo vokal, penampilan kolaborasi Finalis Putra-Putri Permira, band Garuda, tari indang dan sesi tanya jawab finalis dengan para juri.

BACA JUGA: Ini Hasil Pertandingan Persib vs PSM Makassar pada Laga Pembukaan Piala Presiden 2024

Kegiatan kebudayaan ini berhasil memberikan kesan positif kepada pengunjung dan memperkenalkan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman serta kekayaan dari berbagai aspek kebudayaan.

Acara Festival Nusantara 2024 juga dihadiri oleh berbagai juri yang berkompeten untuk ikut andil secara langsung menyeleksi para finalis Putra Putri Permira dalam tahap Grand Final.

Juri tersebut adalah Dr Connie Rakahundini Bakrie (akademisi), Berlian Helmy (WakilDuta Besar RI untuk Rusia), Nanang S Fadhillah (Plt. Atdikbud Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Rusia Moskow), Marsama TNI Jatmiko Adi (Atase Pertahanan RI untuk Rusia) dan Alishev Timirkhan (Wakil Rektor Kazan Federal University).

Para peserta dinilai berdasarkan beberapa kriteria sebagai berikut: berkas pendaftaran, motivation letter, essay, kehadiran pembekalan, keaktifan pembekalan dan konten Instagram. Indikator penilaian dari juri juga mengikuti kriteria tersebut.

Salah satu bagian acara yang ditunggu-tunggu adalah hasil penilaian juri dalam pengumuman pemenang Putra dan Putri Permira 2024.

Setelah berdiskusi panjang, berdasarkan kriteria yang ada, para juri menetapkan Karimatiar Elang Kusuma Dwiansyah dari Peoples’ Friendship University of Russia, Moskow sebagai Putra Permira 2024 dan Jiva Saccid Anandyta dari Peoples’ Friendship University of Russia, Moskow sebagai Putri Permira 2024.

Di urutan kedua, para juri menetapkan Ilham Maulana dari Peter The Great Saint Petersburg Polytechnic University, Saint Petersburg dan Kiki Rizki Agustiani Putri dari Far Eastern Federal University, Vladivostok sebagai Runner Up.

Di posisi ketiga Hikmah Abrar dari Kazan State Power Engineering University dan Dewi Sartika Taula’bi dari Peoples' Friendship University of Russia, Moskow.

BACA JUGA: Prediksi Uu Ruzhanul Ulum: Tiga Pasang Calon di Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Rusia, Judha Facral Zulmi menyatakan kesuksesan kolaborasi ini tidak lepas dari semangat panitia Festival Nusantara, yang mana merupakan mahasiswa Indonesia di Rusia dalam menyebarkan budaya serta menjalin hubungan yang baik dengan berbagai negara terutama di Rusia. 

Dia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rusia yang memberikan bantuan terbesar di acara ini dan Nanang Fadillah sebagai supervisor yang mengarahkan acara. Juga pihak-pihak baik sponsor maupun media partner yang mendukung acara ini.

”Besar harapan kami, Putra-Putri Permira akan menginspirasi dan menjadikan ini sebagai batu loncatan agar mahasiswa Indonesia di Rusia dapat menjadi diplomat muda serta representatif Indonesia dengan bakat dan karya yang mereka miliki,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat 19 Juli 2024.

Kategori :