Fase Evolusi Samsung Galaxy Z Fold Series dari Generasi Pertama Hingga Menjadi Makin Tipis, Kokoh dan Ringkas

Jumat 05-07-2024,18:32 WIB
Reporter : Ruslan
Editor : Ruslan

Inovasi-inovasi ini memungkinkan Galaxy Z Fold3 memiliki ketebalan hanya 16,0 mm saat dilipat.


Samsug Galaxy Z Fold4-Samsung-

2022: Galaxy Z Fold4, Makin Tipis dan Makin Ringan

Diluncurkan pada tahun 2022, Galaxy Z Fold4 hadir dengan penurunan bobot dan ketebalan yang signifikan.

Galaxy Z Fold4 lebih ringan dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold2, karena memiliki bobot 263 gram, perangkat ini hampir 20 gram.

Ketebalan maksimum saat dilipat adalah 15,8 mm, menjadikan Galaxy Z Fold4 sebagai seri foldable phone teringan Samsung pada saat itu.

Hal ini menunjukkan inovasi khas Samsung dalam menciptakan ponsel lipat yang tipis, ringan, dan mudah digenggam.

Galaxy Z Fold4 dirancang 21% lebih ringan daripada model sebelumnya, dengan engsel yang lebih lebar dan lebih pendek dari layar cover.

Galaxy Z Fold4 mengubah gerakan engsel dari berputar menjadi linier. Ini berbeda dengan perangkat lipat sebelumnya yang menggunakan gir saling mengunci untuk memastikan layar terbuka dan terlipat secara merata.

Perubahan ini secara signifikan mengurangi bobot, ketebalan, mempermudah proses manufaktur, meningkatkan kekuatan perangkat dan jumlah komponen.

Dengan Galaxy Z Fold4, Samsung berhasil menciptakan engsel yang paling ringan dan ringkas pada saat itu, sambil tetap mempertahankan kekuatan dan ketahanan yang sama dengan model sebelumnya.


Samsung Galaxy Z Fold5-Samsung-

2023: Galaxy Z Fold5, Rahasia Ponsel Lipat dengan FlexHinge

Pada tahun 2023, Galaxy Z Fold5 diperkenalkan dengan ketebalan 13,4 mm saat terlipat dan 6,1 mm saat terbuka, serta bobot 253 gram.

Berbeda dengan engsel tradisional Hideaway, Samsung menghadirkan mekanisme baru bernama FlexHinge, yang menandai lonjakan signifikan dalam inovasi perangkat lipat.

FlexHinge memungkinkan layar melengkung masuk ke dalam engsel seperti tetesan air menggunakan empat poros penggerak dan struktur rel ganda yang memfasilitasi geseran yang halus.

Teknologi ini memungkinkan kedua layar dilipat rata tanpa lipatan atau celah.

Dengan teknologi terbaru tersebut, Galaxy Z Fold5 menjadi perangkat Galaxy Z Fold series yang paling ringan dan tipis hingga saat ini.

Kategori :