Arda Guler, si Messi dari Turki yang Pecahkan Rekor Cristiano Ronaldo di Piala Eropa

Rabu 19-06-2024,14:00 WIB
Reporter : Rezza Rizaldi
Editor : Rezza Rizaldi

RADARTASIK.COM - Arda Guler sayap kanan Real Madrid, menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya bersama timnas Turki di Piala Eropa 2024 Jerman.

Messi dari Turki -julukan Arda Guler- mencetak gol pada usia 19 tahun 114 hari. Ini pecahkan rekor yang dibuat oleh Cristiano Ronaldo pada tahun 2004, dengan usia 19 tahun 128 hari.

Turki memulai laga perdana Piala Eropa 2024 dengan kemenangan 3-1 melawan debutan turnamen Georgia di Grup F di BVB Stadion Dortmund pada Selasa tadi malam, 19 Juni 2024.

Mert Muldur membuka skor untuk Turki pada menit ke-25 melalui tendangan voli luar biasa dari tepi kotak penalti.

BACA JUGA:Ini Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U16 yang Dipilih Nova Arianto untuk ASEAN Boys Championship U16 2024

Dua menit kemudian, Turki mengira telah menggandakan keunggulan melalui Kenan Yildiz, namun gol tersebut dianulir setelah VAR menunjukkan Yildiz sudah offside.

Georgia akhirnya menyamakan kedudukan melalui Georges Mikautadze, yang mencetak gol Kejuaraan Eropa pertama bagi negaranya.

Di babak kedua, Arda Guler mencatatkan sejarah dengan mencetak gol kemenangan Turki. 

Guler menguasai bola di sisi kanan lini tengah, bergeser ke kiri, dan melepaskan tendangan melengkung kaki kiri yang menyentuh gawang, membuat debutan Georgia terkesima.

BACA JUGA:Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Dicky Candra dan Lainnya Kumpul di Mandalawangi, Sinyal Pendamping Viman?

Dengan gol tersebut, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di putaran final Kejuaraan Piala Eropa (19 tahun 114 hari), melampaui rekor Cristiano Ronaldo pada tahun 2004 (19 tahun 128 hari).

“Saya sangat senang, tidak ada kata-kata untuk menggambarkan perasaan saya. Saya selalu memimpikan momen ini. Saya bekerja ekstra keras untuk membalas cinta luar biasa yang telah saya terima,” kata Guler yang menjadi pemain terbaik dalam laga itu.

“Saya telah berlatih tendangan khusus ini baru-baru ini di akhir sesi latihan. Saya sangat senang bisa mencetak gol dengan cara ini. (Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti) mengirim pesan kepada saya hari ini dan mendoakan saya beruntung,” tambah Arda Guler.

Georgia menekan untuk menyamakan kedudukan, dengan Mamardashvili ikut maju ke depan untuk serangkaian tendangan sudut. 

BACA JUGA:Asal-Muasal Hardisk dan Perkembangan Teknologi Penyimpanan Data, Diawali dari Kartu Punch

Kategori :