6 Keutamaan Hari Jumat, Hari Nabi Adam Diciptakan

Jumat 14-06-2024,10:01 WIB
Reporter : Denden Rusyadi
Editor : Ruslan

”Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari)

5. Pahala Sedekah Dilipatgandakan

BACA JUGA: Mengenal Serangan Panik, Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

Pahala sedekah yang dilakukan pada hari Jumat akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dalam hadits bukhari dan muslim diriwayatkan:

”Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ’Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.’ Malaikat yang lain berdoa, ’Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’.” (HR Bukhari dan Muslim)

6. Hari Ketika Islam Disempurnakan oleh Allah SWT

Hari Jumat adalah hari dimana ajaran Islam disempurnakan oleh Allah SWT. Dalam sebuah riwayat diterangkan kisah berikut ini:

”Wahai Amirul Mu’minin, ada satu ayat dalam kitab kalian yang kalian baca, seandainya ayat itu diturunkan kepada kami Kaum Yahudi, tentulah kami jadikan (hari diturunkannya ayat itu) sebagai hari raya.”

Maka Umar Khaththab berkata: ”Ayat apakah itu?” 

(Orang Yahudi itu) berkata: ”Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kalian agama kalian dan telah Ku-cukupkan kepada kalian nikmat-Ku dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagi kalian’.” (QS. Al-Ma’idah ayat 3).

Maka Umar bin Khaththab menjawab: ”Kami tahu hari tersebut dan dimana tempat diturunkannya ayat tersebut kepada Nabi SAW yaitu pada hari Jumat ketika beliau SAW berada di Arafah.” (Muttafaq ’Alaih)

BACA JUGA: Tabungan Kurban, Manfaat dan Cara Mengelolanya, Bikin Ibadah Terasa Lebih Mudah

Itulah beberapa keutamaan hari Jumat beserta dalil-dalilnya. Semoga bermanfaat.

Kategori :