Perpustakaan Kabupaten Ciamis Koleksi 29.450 Buku dan E Book

Jumat 02-09-2022,11:40 WIB
Reporter : Fatkhur Rizqi
Editor : Ahmad Faisal

CIAMIS, RADATASIK.COM - Pemerintah Kabupaten Ciamis terus berusaha untuk menaikkan indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) dan nilai tingkat gemar membaca masyarakat (TGM). 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis H Dondon Rudiana kepada Radar, Kamis 1 September 2022.

Upaya pemerintah menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di masyarakat dengan memastikan terpenuhi kebutuhan bahan bacaan bagi 1,2 juta penduduk. 

BACA JUGA:Adik Kandung Tembak Mati Sang Kakak, Korban Bersimbah Darah, Sempat Berlari Minta Bantuan Warga

“Kita terus berusaha meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Ciamis dengan pengembangan program, pembinaan dan kerja sama antar unit pelaku gerakan literasi,” katanya kepada Radar.

Dondon menyebut pengembangan program di Perpustakaan Kabupaten Ciamis sudah klasifikasi A. 

Karena Perpustakaan Kabupaten Ciamis memiliki sarana dan prasarana, mulai dari ruang baca anak nuansa ruang angkasa, refleksi, internet dan difabel corner, audio visual dan baca dewasa.

BACA JUGA:Pemkot Tasikmalaya Kebut Target Pembangunan Jangka Menengah Daerah

Pihaknya juga membuka kunjungan rombongan ke Perpustakaan Kabupaten Ciamis dengan jadwal Selasa dan Kamis. Tidak hanya sekadar perseorangan yang ingin membaca atau meminjam. 

“Perpustakaan di Kabupaten Ciamis nyaman dan lengkap mempunyai koleksi total buku dan e-book 29.450. Tentunya bagi yang ingin memerlukan bahan bacaan silahkan datang perseorangan atau rombongan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, “Untuk yang rombongan, misalnya tadi ada MA Persis Sindangkasih. Sekitar 100 siswa yang ke perpustakaan mulai dari membaca buku, menonton film, dan lainnya.” 

BACA JUGA:Disnaker Kota Tasikmalaya Gelar Job Fair 2022, Sediakan 1.049 Lowongan Pekerjaan

BACA JUGA:Anak Usia 6 Tahun Terbakar Setelah Berusaha Menolong Ibunya saat Dibakar Hidup Hidup Ayahnya yang Mabuk

Sedangkan perseorangan bisa mengikuti member Perpustakaan Kabupaten Ciamis yang saat ini sudah mencapai 19.643 anggota terdaftar, dengan anggota yang aktif 12.510. 

“Kalau dilihat member atau pun non member per tiap bulannya ada sekitar 500-800 per bulannya pengunjung ke Perpustakaan Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Kategori :